HOME, Bugar

5 Rekomendasi Buah untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lebih Glowing

5 Rekomendasi Buah untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lebih Glowing

MOMSMONEY.ID - Kulit membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan cerah. Untuk itu, Anda perlu menjaganya dengan rutin memakai perawatan kulit dari luar seperti mengaplikasikan pelembap dan tabir surya.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan. Ternyata banyak sekali kandungan nutrisi baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah tertentu secara rutin.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa jenis buah yang bagus dikonsumsi agar kulit tetap sehat.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Lontar yang Tidak Banyak Diketahui

1. Jeruk

Jika Anda memiliki masalah kulit kusam dan komedo, Anda bisa mengatasinya dengan jeruk. Jus jeruk dikenal dapat meringankan warna pada kulit, mengurangi noda, dan mengobati jerawat. Selain itu, mengonsumsi buah jeruk atau jus jeruk secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. 

2. Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk kulit sehat adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa membuat kulit elastis dan tetap lembap. Para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi lemak sehat dalam buah dapat membantu kulit tetap kenyal.

Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Manfaat vitamin E dapat berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Menurut para ahli, fungsi vitamin E tersebut bisa jadi optimal dengan konsumsi vitamin C, yang juga terkandung dalam buah alpukat.Manfaat vitamin C berasal dari kandungan antioksidan yang membantu produksi kolagen untuk kulit sehat. 

3. Semangka

Buah semangka ini bukan hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga kulit. Semangka mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Selain itu, buah semangka dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah. 

4. Jambu biji

Ragam manfaat jambu biji untuk kesehatan membuatnya mungkin menjadi salah satu buah yang populer di Indonesia. Di samping itu, jambu biji juga menjadi buah yang bagus untuk kulit yang bisa Anda konsumsi.

Jambu biji menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C. Konsumsi vitamin C telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen. Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit kandungan zinc, yakni salah satu faktor yang mampu memproduksi kolagen. 

Baca Juga: 5 Manfaat Timun Untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Wajah

5. Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat berkat kandungan asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Buah ini mengandung seng dan kalium.

Seng bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium bermanfaat untuk menghidrasi kulit yang dehidrasi. Jangan buang kulit pisang, karena bagian dalam kulit pisang jika digosokan pada wajah bermanfaat untuk kecerahan kulit. 

Tak hanya dari konsumsi makanan, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti tidur cukup, rajin membersihkan kulit terutama setelah bepergian, dan cukup minum air putih.

Selanjutnya: Wow, Daun Kelor Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan. Anda Perlu Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News