HOME, Bugar

Wow, Daun Kelor Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan. Anda Perlu Tahu!

Wow, Daun Kelor Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan. Anda Perlu Tahu!

MOMSMONEY.ID - Daun kelor atau Moringa Oleifera telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Beberapa waktu belakangan, daun yang mirip katuk ini juga dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan, dikutip dari WebMD.

Manfaat daun kelor untuk wajah menarik untuk disimak, seperti membantu mencegah penuaan, atasi jerawat, hingga mengecilkan pori-pori. Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, pastikan Anda tahu cara membuat masker daun kelor yang tepat.

Selain itu, masih banyak manfaat daun kelor untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui. Berbagai manfaat daun kelor untuk wajah memang menarik untuk dicoba, seperti berikut. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan, Menutrisi Kulit Secara Alami

1. Mencegah penuaan pada wajah

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharmacy and Biological Sciences membuktikan bahwa manfaat daun kelor untuk wajah dalam mencegah penuaan dini. 

Manfaat masker daun kelor yang berasal dari kandungan antioksidan inilah yang mampu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah munculnya keriput yang terjadi akibat radikal bebas dari sinar UV.

Daun kelor dapat melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi menjaga kekencangan kulit. Kombinasi dari berbagai khasiat daun kelor untuk wajah tersebut yang dapat mencegah munculnya keriput di wajah. 

2. Menghidrasi kulit kering

Direktur Joyful Skin Clinic, dr. Kemi Fab, menyatakan bahwa skin care pelembap yang mengandung daun kelor dapat memberikan manfaat signifikan untuk perawatan kulit kering dan bersisik.

Hal tersebut berkat kandungan vitamin E, asam oleat, dan antioksidan dalam daun kelor, yang dapat membantu menjaga hidrasi kulit kering.

3. Melembapkan bibir

Manfaat daun kelor untuk wajah berikutnya yaitu dapat melembapkan bibir. Biasanya manfaat ini didapatkan dari moringa oil yang digunakan sebagai produk perawatan bibir.

Selain dapat membuat kulit bibir tetap lembap, moringa oil juga membantu menciptakan kulit yang halus dan lembut. Dengan begitu, bibir akan terlihat sehat dan terawat dengan baik.

4. Mengatasi jerawat dan komedo

Dari sekian banyak penelitian, terdapat sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science yang mengamati efektivitas manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa minyak alami daun kelor mengandung asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara alami dan efektif. Selain itu, manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat akibat bakteri.

Riset lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit, yang kerap jadi biang keladi penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, minyak daun kelor dianggap efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo.

5. Pembentukan kolagen alami di kulit

Ahli kecantikan, ahli biokimia, dan pendiri Amethyst Skincare, Nicole Simpson, menyatakan bahwa daun kelor mengandung vitamin C yang tinggi, bahkan tujuh kali lebih banyak daripada jeruk.  Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen secara optimal. 

Manfaat daun kelor terkait kolagen pernah diamati melalui penelitian kecil pada manusia. Partisipan yang mendapatkan ekstrak daun kelor selama tiga bulan memiliki kadar kolagen yang optimal sehingga elastisitas kulit juga lebih terjaga.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Lontar yang Tidak Banyak Diketahui

Meski berbagai manfaat masker daun kelor untuk wajah tampak menjanjikan, perlu diketahui bahwa tidak semua orang cocok menggunakannya sebagai perawatan kecantikan.

Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan masker kelor. 

Selanjutnya: Keren! Daun Kelor Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News