HOME, Bugar

Selain Menyehatkan Tulang, Kecipir Juga Kaya Manfaat Buat Tubuh

Selain Menyehatkan Tulang, Kecipir Juga Kaya Manfaat Buat Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kecipir adalah sayuran dari tanaman merambat yang tumbuh subur di wilayah tropis, seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Dikenal sebagai sayuran serbaguna bergizi lengkap, kandungan kecipir dipercaya menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, dikutip dari WebMD. 

Kecipir merupakan salah satu sayuran dengan zat gizi yang paling beragam. Sayuran ini mengandung karbohidrat, protein, dan bahkan lemak dalam jumlah kecil yang biasanya jarang ada pada sayuran. 

Menurut Winged Bean in Human Nutrition Journal, hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dikonsumsi. Daunnya bisa dimakan seperti bayam, bunganya bisa dijadikan salad, umbinya bisa dimakan mentah atau dimasak, dan bijinya seperti kedelai. 

Berkat kandungan vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lain yang ada di dalamnya, kecipir bisa memberikan berbagai khasiat yang dijabarkan di bawah ini. 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Tin untuk Kesehatan

1. Menghambat penuaan dini

Kecipir mengandung mineral tembaga yang merupakan antioksidan kuat. Bersama enzim superoxide dismutase (SOD), mineral ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini. 

2. Rendah kalori

Dalam 100 gram kecipir, hanya ada sekitar 49 kalori. Artinya, kecipir bisa menjadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi dalam bentuk sayur, campuran salad, atau setelah dikukus. Sayuran yang satu ini cocok untuk siapapun, termasuk mereka yang sedang menjalani diet. Kecipir juga mengandung lemak sehat serta protein.  

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Seratus gram kecipir mengandung 19 miligram vitamin C yang bisa memenuhi sekitar 20 – 30% kebutuhan harian Anda. Mengutip laporan jurnal Nutrients, vitamin C merupakan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan vitamin B1 di dalam kecipir bisa menjaga penglihatan dari penyakit seperti katarak dan glaukoma. Ini penting karena kecipir dapat menjaga koordinasi saraf dan otot mata sehingga penyampaian pesan dari mata ke otak bisa terjaga dengan baik. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, manfaat kecipir juga bisa memperkuat tulang. Tak hanya menjaga kesehatan tulang, kecipir juga memberikan energi lewat mineral dalam kandungannya terutama bagi orang yang sedang dalam proses pemulihan. 

Baca Juga: Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Harus Anda Ketahui

Apapun cara mengonsumsinya, kecipir mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Menyeimbangkan konsumsi sayur dengan aktif berolahraga akan membuat seseorang lebih sehat dan bugar.

Selanjutnya: Tidak Hanya Segar, Blewah Juga Memiliki Manfaat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News