HOME, Santai

Kontrol Kebiasaan Makan Anda dengan Mindful Eating Yuk

Kontrol Kebiasaan Makan Anda dengan Mindful Eating Yuk

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar istilah mindful eating? Mindful eating adalah sebuah teknik yang akan mempermudah dalam mengontrol kebiasaan makan.

Teknik ini sendiri telah terbukti mampu membantu keberhasilan program diet, mengurangi kebiasaan makan yang terus menerus, dan tentunya membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Cara-cara berikut ini bisa Anda praktekkan untuk bisa melatih kebiasaan makan Anda dengan mindful eating.

Baca Juga: Takut Terima Telepon? Bisa Jadi Itu Phone Anxiety, Yuk Kenali Penyebabnya

Makan dengan pelan

Makan dengan pelan bisa membantu Anda menghindari porsi makan yang berlebihan. Makan dengan pelan akan membantu tubuh untuk memproses makanan dengan baik. 

Ketika makanan masuk ke dalam tubuh dengan cepat tubuh tidak akan bisa memproses makanan dengan baik. Akibatnya Anda akan merasa selalu lapar.

Fokus pada makanan

Fokuskan pikiran Anda pada makanan di depan Anda. Bagaimana perasaan Anda setelah memakan makanan tersebut? Bagaimana perasaan Anda saat memakan makanan tersebut? Bagaimana warna, rasa, tekstur, dan bau makanan tersebut.

Anda bisa mulai melatih melibatkan semua indera yang Anda punya. Agar kepekaan Anda juga dapat terlatih selain fokus pada makanan. 

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Digital Detox Buat Kesehatan Mental dan Fisik

Jauhi distraksi

Ketika makan Anda harus ingat untuk berfokus pada makanan Anda. Jauhi distraksi yang mungkin mengganggu kegiatan makan Anda. 

Distraksi bisa dalam bentuk bermain ponsel, menonton TV, atau distraksi lainnya. Distraksi dapat membuat Anda merasa tidak puas dan tidak menghargai makanan Anda.

Berhentilah makan saat kenyang

Ketahuilah kapan tubuh Anda merasa kenyang dengan makan secara perlahan. Dengan begitu Anda tidak akan menyisakan makanan pada piring Anda karena kekenyangan. 

Anda juga bisa mulai untuk makan dengan porsi kecil untuk menghindari makanan terbuang. Jika merasa masih lapar Anda bisa kembali mengambil makanan lainnya dan berhenti ketika sudah merasa lapar.

Makanlah ketika waktunya

Ada baiknya Anda mengenali rasa lapar yang disebabkan karena emosi atau karena tubuh yang lapar. Makan ketika tubuh membutuhkan makanan adalah cara untuk melatih mindful eating.

Sebaiknya hindari makan yang disebabkan karena emosi. Saat sedih, saat bosan, dan saat kesepian adalah beberapa emosi yang sering mengecoh rasa lapar yang disebabkan karena perintah tubuh.

Selanjutnya: Coba Lakukan Tips Berikut Ini Agar Bisa Menjadi Morning Person

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News