HOME, Santai

Coba Lakukan Tips Berikut Ini Agar Bisa Menjadi Morning Person

Coba Lakukan Tips Berikut Ini Agar Bisa Menjadi Morning Person

MOMSMONEY.ID - Kebiasaan bangun pagi memang sebuah kebiasaan yang sulit untuk dilakukan. Perlu niatan yang kuat agar seseorang bisa bangun pagi dan menjadi morning person.

Manfaat yang diperoleh dari bangun pagi banyak ragamnya. Pekerjaan yang lebih cepat selesai dan bisa menikmati udara pagi yang segar adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bagi Anda yang gemar bangun pagi.

Selain itu, Anda juga akan merasa lebih siap dan tidak terburu-buru dalam menjalani aktivitas. Yuk, ikuti beberapa cara ini agar Anda bisa memiliki kebiasaan bangun pagi dan menjadi morning person.

Baca Juga: Optimalkan Tidur Siang Anda Sesuai Jenisnya

Miliki waktu tidur yang konsisten

Waktu tidur dan bangun yang konsisten bisa membuat kebiasaan bangun pagi terbentuk. Mulailah tidur lebih awal dari jadwal tidur yang biasa Anda lakukan. Maka tubuh Anda akan secara otomatis bangun lebih awal dibanding jadwal bangun tidur Anda.

Anda bisa melakukan latihan tersebut secara rutin untuk membangun kebiasaan bangun pagi Anda. Merubah pola tidur dan bangun pagi yang konsisten dan sehat adalah kunci untuk bisa mendapatkan kebiasaan bangun pagi.

Miliki morning routine

Morning routine atau kebiasaan pagi adalah beberapa aktivitas yang biasa Anda lakukan pada pagi hari. Laman Headspace menyatakan bahwa kegiatan pagi hari setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu Anda harus bisa menemukan kegiatan yang membuat Anda merasa senang di pagi hari.

Ada orang yang senang berolahraga, ada orang yang senang bermeditasi, dan ada orang yang senang memasak. Buatlah kegiatan pagi yang terjadwal dan mulailah melakukannya secara rutin. Agar Anda selalu termotivasi untuk bangun pagi setiap harinya.

Baca Juga: Apa Sih Delayed Sleep Phase Syndrome Itu? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Jauhi ponsel ketika malam hari

Bermain ponsel atau sosial media di malam hari bisa membuat waktu tidur tertunda. Yang tentunya bisa membuat Anda merasa lebih mengantuk di pagi hari dan membuat waktu tidur Anda menekan tombol snooze pada alarm Anda.

Laman Mind Body Green juga menyatakan bahwa cahaya biru pada layar ponsel memiliki sinyal yang diberikan pada otak untuk tidak mengeluarkan hormone melatonin, yang membuat Anda jadi tidak mengantuk.

Ubah mindset

Daripada memikirkan hal yang tiidak penting pada malam hari, ubahlah dengan mulai menentukan tujuan dan aktivitas yang akan Anda lakukan di pagi hari. Tanamkan hal-hal positif dalam pemikiran Anda mengenai tujuan Anda untuk bangun pagi.

Fokus pada kegiatan dan pemikiran positif daripada memikirkan scenario negatif atau overthinking. Bila perlu lakukan meditasi atau afirmasi positif sebelum Anda tidur. Agar Anda merasa lebih tenang dan siap untuk tidur sehingga Anda bisa bangun lebih pagi esoknya.

Selanjutnya: Supaya Anak-Anak Akur Satu Sama Lain, Praktikkan Tips Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News