Optimalkan Tidur Siang Anda Sesuai Jenisnya

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 09 September 2021 | 10:54 WIB
Optimalkan Tidur Siang Anda Sesuai Jenisnya

ILUSTRASI. Kegiatan tidur siang ternyata memiliki jenis dan afaat yang berbeda

MOMSMONEY.ID - Tidur siang merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Memperoleh kesempatan untuk bisa tidur siang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

Namun tidur siang ternyata memiliki beberapa jenis. Fungsi dan durasi dari setiap jenis ini tentunya berbeda-beda. 

Berikut ini adalah jenis dari tidur siang yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Buah Binjai untuk Kesehatan Tubuh

The Power Nap

Jenis tidur siang ini memiliki durasi 15 menit. Namun biasanya paling efektif pada pukul 1 siang hingga 3 sore. Jenis tidur ini akan cocok bagi seseorang sibuk dan membutuhkan waktu istirahat sejenak.

Manfaat yang diperoleh dari the power nap adalah membantu meningkatkan memori dan daya ingat di otak. Melansir dari halaman Verlo, pada tahap ini Anda akan masuk pada kenyenyakan tahap II. Dimana memori jangka panjang dan pendek akan ditingkatkan.

Snooze Session

Snooze session memiliki durasi yang lebih panjang, yakni selama 30 menit. Jenis tidur siang ini cocok bagi Anda yang merasa kurang tidur pada malam hari. 

Baca Juga: Kenali Beragam Makanan untuk Meredakan Flu

Snooze session dapat dilakukan 6 jam setelah Anda bangun pagi. Jadi ketika Anda bangun pukul 7 pagi maka tidur siang ini akan sangat efektif dilakukan pada pukul 1 siang. 

Full On Naps

The National Sleep Foundation menyatakan bahwa Anda bisa tidur siang selama 90 menit pada jenis tidur siang ini. Setelah bangun dari tidur siang Anda maka tubuh Anda akan terasa lebih segar 

Sama seperti snooze session, tidur siang ini sebaiknya dilakukan 6 jam dari waktu bangun pagi. Atau sesegera mungkin jika Anda begadang semalaman. Menurut laman Pro Nappers, Tidur dalam durasi ini akan membntu meningkatkan daya ingat memori dan kreatifitas. 

Selanjutnya: Menegangkan, Ini Rekomendasi 4 Film Tentang Penjelajahan Waktu

 

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru