HOME, Santai

Kenali Tipe-Tipe Attachment dalam Hubungan

Kenali Tipe-Tipe Attachment dalam Hubungan

MOMSMONEY.ID - Kelekatan atau yang akrab dikenal dengan attachment adalah sebuah kondisi dimana terjalinnya ikatan emosional antara dua individu. 

Menurut Wikipedia, kelekatan ini memiliki teori yang disebut dengan Theory of Attachment. Teori ini dikembangkan oleh seorang pskiater John Bowbly.

Teori ini mempelajari hubungan kelekatan yang terjadi antar individu yang kemudian dibagi menjadi 4 tipe. Berikut ini 4 jenis tipe kelekatan atau attachment.

Baca Juga: Kenali Metode Pendidikan Montessori yang Miliki Banyak Manfaat bagi Anak

Secure Attachment

Secure attachement ini adalah kemampuan untuk menciptakan suatu keadaan yang aman dan nyaman. Melansir dari laman Mind Body and Green, pada kelekatan tipe ini, seseorang akan merasakan aman dan nyaman saat berada bersama.

Orang yang memiliki kelekatan ini idak merasa takut untuk mengeksprsikan perasaan masing-masing. Karena adanya rasa percaya yang kuat sehingga tidak memiliki rasa kecemasan yang tinggi dalam hal komunikasi.

Anxious Attachment

Tipe kelekatan ini merupakan lawan dari secure attachment atau bisa disebut dengan insecure attachment. Mereka yang ada pada anxious attachment merasa tidak aman untuk berada pada suatu hubungan karena adanya rasa takut untuk ditinggalkan.

Pada tipe ini biasanya karakter yang bisa dilihat adalah mudah merasa takut atau cemas ketika pasangan tidak membalas chat dan perasaan bahwa pasangan mulai menjauh karena adanya rasa ragu dan needy atau ketergantungan terhadap pasangan. 

Baca Juga: 5 Akun Instagram Ini Wajib Diikuti Pecinta Rumah Kecil, Yuk Tengok!

Avoidant Attachment

Melansir dari laman Very Well Mind, kelekatan tipe ini memiliki masalah dengan intimasi atau hubungan dekat. Mereka cenderung menjauhi keintiman dengan beragam alasan.

Mereka yang berada pada tipe avoidant attachment ini hanya menginvestasikan sedikit emosi dalam sebuah hubungan romantis. Biasanya tipe ini juga merasa kesulitan untuk menyampaikan perasaan dengan pasangannya. Sehingga lebih menyukai untuk menyembunyikan perasaannya. 

Fearful Avoidant Attachment

Attachment tipe ini biasa dikenal juga dengan disorganized attachment. Tipe ini merupakan gabungan dari anxious dan avoidant attachment. 

Orang yang berada pada tipe kelekatan ini menginginkan adanya hubungan yang intim namum masih merasa kurang nyaman secara emosional. Tak jarang mereka bisa memiliki konflik batin sendiri antara ingin dicintai namun masih menutup diri untuk hubungan rommantis karena  perasan takut. 

Selanjutnya: 5 Makanan Sehat untuk Menemani Anda Bekerja Agar Tetap Fokus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News