HOME, Bugar

5 Makanan Sehat untuk Menemani Anda Bekerja Agar Tetap Fokus

5 Makanan Sehat untuk Menemani Anda Bekerja Agar Tetap Fokus

MOMSMONEY.ID - Fokus dan konsetrasi saat bekerja sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Keduanya menentukan keberhasilan seseorang sekaligus meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi.

Namun terkadang kelelahan fisik dan psikis dapat membuat kemampuan seseorang untuk fokus dan berkonsentrasi jadi berkurang. 

Beberapa makanan ini yang ternyata berperan besar dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu.

Jadi jangan pernah lewatkan salah satu diantara beberapa makanan ini sebagai menu sarapan sehat agar konsentrasi dan fokus

Berikut ini beberapa makanan sehat yang bisa membantu Anda tetap fokus dalam bekerja.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami dengan Rutin 5 Minuman Ini  

1. Cokelat hitam

Studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk pada 2015 menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 60% kakao bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian. 

Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan mengalami perbaikan aliran darah ke otak, sehingga mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes memori.

2. Kafein

Studi pada 2005 yang dilakukan oleh Florian Koppelstätter menemukan bahwa mengonsumsi kafein bisa mempromosikan peningkatan aktivitas otak yang terlibat dalam proses perencanaan, perhatian, pemantauan, dan konsentrasi.

Sayangnya, efek kafein pada setiap orang akan bervariasi; termasuk efek kafein dalam meningkatkan konsentrasi otak, karena biasanya, efek tersebut merupakan efek jangka pendek

3. Pisang

Studi pada 2008 menemukan bahwa siswa yang makan buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

Kandungan mineral potasium di dalam dalam pisang bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung Anda.

4. Blueberry

Studi pada 2010 yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa orang yang minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan bisa meningkatkan kinerja mereka pada tes belajar dan memori secara signifikan.

Kandungan senyawa antioksidan dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak.

5. Sayur berwarna hijau

Sayuran berwarna hijau kaya akan antioksidan dan karotenoid yang berfungksi untuk meningkatkan kekuatan otak sekaligus melindunginya.

Sayuran hijau juga mengandung vitamin B yang terbukti membantu daya ingat, fokus, kesehatan otak. Sayuran ini juga mengandung asam folat yang meningkatkan kejernihan pikiran.

Bahkan sayuran hijau seperti bayam mengandung potassium yang mempercepat hubungan antar neuron yang membuat otak jadi lebih responsif.

Baca Juga: Jenis Kurma yang Popular di Indonesia dan Cara Memilih yang Berkualitas

Selain menjaga makan dan olahraga, tidurlah yang cukup. Waktu tidur yang cukup adalah selama 7-9 jam untuk orang dewasa. Waktu tidur yang cukup membuat Anda lebih fokus bekerja.

Selain itu, juga dapat mencegah Anda terkena risiko penyakit, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Selanjutnya: Kenali Manfaat dari Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News