HOME, Bugar

Jenis Kurma yang Popular di Indonesia dan Cara Memilih yang Berkualitas

Jenis Kurma yang Popular di Indonesia dan Cara Memilih yang Berkualitas

MOMSMONEY.ID -  Tak hanya lezat, kurma ternyata mengandung beragam nutrisi penting yang memberikan manfaat kesehatan. 

Ada banyak varietas kurma yang tumbuh subur di dataran Timur Tengah. Di Arab Saudi sendiri, diperkirakan ada 400 jenis kurma yang tumbuh subur di sana.  

Nah, dari sekian banyak jenisnya, berikut beberapa di antaranya yang paling populer untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Dikonsumsi untuk Menaikkan Trombosit

1. Kurma Medjool

Selain ajwa, kurma medjool menempati urutan kedua kurma yang paling populer di Indonesia. Kurma medjool sering dianggap sebagai “ratu kurma” karena ukurannya yang besar.

Bukan cuma di Indonesia, ternyata kurma medjool juga sangat populer di Timur Tengah. 

2. Kurma Safawi

Kalau dibanding dengan jenis kurma lainnya, kurma safawi punya warna yang cenderung hitam pekat. Namun, bentuknya sama seperti kurma lainnya yaitu lonjong dan berukuran sedang. 

3. Kurma Ajwa

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar kurma yang satu ini. Pasalnya, kurma ajwa sangat mudah kamu temui di swalayan, pasar maupun toko oleh-oleh yang ada di Indonesia.

Banyak orang menyebut kurma ajwa adalah varian kurma terbaik karena konon ini adalah kurma pertama yang dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW.

4. Sukkari

Kata “sukkari” sendiri berarti “gula”, sehingga kamu pasti paham mengapa kurma ini dinamai demikian. Kurma sukkari punya rasa yang sangat manis sehingga sering dijadikan topping makanan. 

Baca Juga: Mengenal Pola Diet Sirtfood dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat

Di balik rasanya yang manis, kurma juga menyimpan banyak nutrisi yang mampu memberikan manfaat kesehatan. Nah, berikut cara memilih kurma yang berkualitas agar bisa merasakan manfaatnya lebih maksimal.

1. Jika membeli buah kurma dalam kemasan, sebaiknya periksa kemasan dengan teliti. Jangan membeli buah kurma dalam kemasan yang mengalami kerusakan.

2. Pilihlah buah kurma yang dikemas dengan baik dan periksa tanggal kadaluarsa pada kemasan sera periksa apakah terdapat jaminan dari badan kesehatan.

3. Kurma yang berkualitas baik umumnya memiliki selaput luar atau kulit ari yang masih utuh dan tidak rusak serta ada lubang pada kulit kurmanya.

4. Kurma yang masih segar biasanya berwarna cokelat, merah kekuningan atau kecokelatan.

5. Aroma buah kurma tidak aneh, pada umumnya kurma yang masih baik tidak memiliki aroma.

6. Tekstur kurma padat dan tidak lengket saat dipegang. Jika saat dipegang buah kurma terasa lengket, patut dicurigai kurma tersebut telah dimanupulasi dengan dicampur gula merah untuk meningkatkan kemanisannya.

7. Pastikan kurma masih terdapat batang dibagian bawahnya. Batang kurma ini menjadi tanda kurma masih segar dan juga berfungsi mempertahankan rasa manis alami dari kurma.

8. Perhatikan guratan pada kurma. Buah kurma yang berkualitas memiliki guratan – guratan kecil. 

Selanjutnya: Hindari 6 Buah Tinggi Kalori Saat Melakukan Diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News