HOME, Santai

Kenali Metode Pendidikan Montessori yang Miliki Banyak Manfaat bagi Anak

Kenali Metode Pendidikan Montessori yang Miliki Banyak Manfaat bagi Anak

MOMSMONEY.ID - Dengan semakin berkembangnya zaman, pendidikan juga menjadi salah satu hal yang tak ketinggalan kemajuannya. 

Metode pendidikan yang semakin maju tentunya bisa membantu berkembangnya pendidikan. Salah satunya adalah penerapan metode pendidikan montessori.

Melansir dari laman Wikipedia, metode pendidikan yang mulai banyak diterapkan pada pendidikan usia dini ini mulai diperkenalkan oleh seorang pendidik asal Italia yaitu Dr. Maria Montessori.

Baca Juga: Cantik dan Pintar! Deretan Selebriti Hollywood Ini Ternyata Menyandang Gelar Sarjana

Pada awalnya, pendidikan yang sudah ada sejak akhir abad 19-an ini hanya digunakan pada pendidikan anak usia dini. Namun, kini metode pendidikan tersebut sudah dikembangkan sehingga bisa juga diterapkan pada pendidikan menengah.

Karakter dari pendidikan ini adalah student centered. Yaitu, memusatkan pendidikan dan pembelajaran pada murid. Sehingga, guru hanya berperan sebagai pembimbing dan pengarah aktivitas saja.

Metode ini juga menekankan pada penyesuaian anak dengan lingkungan belajarnya, tingkat perkembangan, dan juga peran aktivitas fisik yang membantu proses penyerapan konsep akademis dan praktik.

Montessori tentu saja memiliki banyak manfaat dan keunggulan dibanding metode lainnya. Karena pendidikan ini berpusat pada perkembangan muridnya. Melansir dari laman Rasmusen University, metode pendidikan ini bisa membantu melatih kemandirian anak.

Baca Juga: Anak Anda Malas? Praktikkan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Dengan digunakannya banyak media pembelajaran yang mandiri dan menarik, media pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk membangun kebiasaan mandiri, konsentrasi, dan koordinasi seorang murid untuk menyelesaikan tugasnya. 

Selain itu, metode ini juga membantu murid untuk lebih menyukai kegiatan belajar. Kegiatan belajar mengajar yang kuno dan membosankan bisa membuat murid, terutama murid usia dini tidak menyukai kegiatan belajar.

Namun metode Montessori ini berfokus pada kegiatan menarik yang membuat peserta didiknya menikmati waktu belajar dengan media belajar dan pembimbing yang menarik. Sehingga kecintaan murid untuk belajar bisa tertanam sejak dini.

Kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik juga lebih banyak dilakukan untuk membuat murid, terutama murid usia dini tidak bosan dengan kegiatan di kelas yang monoton.

Selanjutnya: Suka Film Remaja? Yuk Tonton Beberapa Rekomendasinya Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News