HOME, Santai

Kenali Busana Adat Pernikahan Ini Sebelum Tentukan Busana Nikah

Kenali Busana Adat Pernikahan Ini Sebelum Tentukan Busana Nikah

MOMSMONEY.ID - Memiliki keinginan untuk menggunakan pakaian adat Indonesia dalam pernikahan menjadi banyak impian para calon mempelai wanita. Terlihat anggun dan memiliki kecantikan khas Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang menginginkan konsep pernikahan adat Indonesia.

Dengan begitu banyaknya budaya yang ada di Indonesia membuat banyak pilihan pakaian adat yang digunakan untuk acara pernikahan. Biasanya prosesi adat ini dipilih berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak untuk menggunakan tradisi pernikahannya.

Untuk itu ada baiknya untuk mengetahui pakaian adat yang digunakan saat ingin menggunakan adat tradisional Indonesia pada acara pernikahan Anda. 

Baca Juga: Menuai Kontroversi, Apa Sih Gaya Hidup Childfree Itu?

Adat Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah yang masih menjunjung tingi adat dan budayanya. Termasuk dalam hal pernikahan. Jogja Kanigaran dan Paes Ageng adalah pakaian adat dan riasan pengantin yang mampu menonjolkan sopan santun dan nilai sacral pernikahan ketika digunakan oleh pengantinnya.

Adat Solo

Solo juga merupakan daerah bagian Jawa Tengah yang masih lekat dengan nilai budaya dan tradisional. Dalam hal pernikahan pakaian adat Solo Basahan juga masih menjadi pakaian pengantin yang diminati.

Pakaian adat ini memiliki riasan khas dimana paes yang digunakan pada pengantin wanita berwarna hijau yang melambangkan pikiran positif.

Adat Jawa Timur

Pakaian adat Jawa Timur yang digunakan dalam pernikahan tradisional disebut sebagai pakaian mantenan. Baju mantenan ini memiliki warna dasar hitam dan memiliki sulaman benang emas mulai bagian leher, ke bagian dada, dan kemudian menyambung ke bagian pinggir baju.

Baju mantenan ini juga dilengkapi dengan aksesoris seperti bunga melati pada pengantin wanita dan tongkat pada pengantin pria.

Baca Juga: Tak Pernah Pamer Kemesraan, Selebriti Indonesia Ini Ternyata Sudah Menikah

Adat Sunda

Pakaian adat pernikahan dari Sunda ini menarik perhatian publik lantaran kesan elegan dan kecantikan yang dimunculkan ketika menggunakan pakaian adat ini.

Siger Sunda yang menjadi aksesori wajib bagi mempelai wanita berguna sebagai mahkota yang menandakan bahwa mempelai wanita yang menikah merupakan ratu do hari pernikahannya.

Adat Bali

Busana Payas Agung adalah baju pernikahan khas Bali. Busana ini memberikan kesan mewah dan special bagi pengantin yang menggunakannya. Penggunaan mahkota yang berukuran cukup besar pada pengantin wanita menjadi ciri khas busana pernikahan ini.

Pada pengantin pria, penggunaan keris dan bawahan kain songket mewah juga merupakan ciri khas busana tradisional ini. 

Selanjutnya: Hindari Melakukan Aktivitas Ini Saat Pukul 8 Malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News