HOME, Santai

Menuai Kontroversi, Apa Sih Gaya Hidup Childfree Itu?

Menuai Kontroversi, Apa Sih Gaya Hidup Childfree Itu?

MOMSMONEY.ID - Menuai kontroversi, gaya hidup childfree menjadi omongan banyak netizen setelah Youtuber Gita Savitri Dewi dan suaminya memutuskan untuk menganut gaya hidup tersebut.

Keputusan yang diambil pasangan ini kemudian menuai kontroversi bagi masyarakat luas. Lantaran gaya hidup childfree ini dianggap kurang cocok dengan budaya Indonesia.

Lalu sebenarnya apa sih childfree itu? Gaya hidup seperti apa sebenarnya childfree itu? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Kumpulan Nama Anak Perempuan dari Bahasa Jawa Beserta Artinya

Childfree menurut Wikipedia adalah sebuah pilihan atau gerakan sukarela dimana wanita atau pasangan suami istri memutuskan untuk tidak memiliki anak. Gaya hidup ini mulai muncul di akhir abad 20.

Gaya hidup ini dinilai tidak sesuai dengan peran seorang wanita dan tujuan dari pernikahan yang telah diyakini oleh banyak masyarakat luas. Namun saat ini gaya hidup chidfree telah menjadi pilihan banyak pasangan suami istri.

Beberapa alasan yang diungkapkan oleh salah satu penulis pendukung gaya hidup childfree, Corinne Maier, dalam bukunya ia menyatakan berbagai alasan mengapa banyak wanita yang lebih memilih gaya hidup ini.

Baca Juga: 4 Gaya Parenting yang Perlu Orangtua Tahu. Moms yang Mana?

Masalah finansial, sudah banyaknya tanggung jawab sosial dan keluarga yang menjadi tanggungan, hingga pilihan untuk tidak mau menjadi seorang ibu. Latar belakang karir biasanya mendorong seorang wanita enggan untuk memiliki anak.

Selain itu, alasan lain seperti adanya masalah kesehatan genetik dan ketakutan akan perubahan fisik akibat kehamilan juga menjadi alasan seorang wanita enggan memiliki anak.

Namun ketakutan akan adanya overpopulation, polusi, dan kelangkaan sumber daya alam menjadi tolak ukur juga untuk tidak memiliki anak. 

Rasa takut tersebut kemudian membuat wanita atau pasangan suami istri memutuskan untuk tidak ingin memiliki anak. Banyak juga pasangan suami istri yang lebih memilih untuk mengadopsi anak. Karena penganut gaya hidup ini percaya bahwa banyak anak diluar sana yang masih membutuhkan bantuan untuk diadopsi.

Nah, bagaimana apakah Anda termasuk pada kelompok yang mendukung gaya hidup childfree atau tidak?

Selanjutnya: Inilah Tanda-Tanda Balita Sehat karena Gizinya Terpenuhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News