HOME, Keluarga

Jenis Cat Dinding Berdasarkan Hasil Akhirnya, Sudah Tahu?

Jenis Cat Dinding Berdasarkan Hasil Akhirnya, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Memilih jenis cat dinding yang tepat untuk rumah bisa menjadi hal yang memusingkan. Pasalnya, ada banyak sekali jenis cat dinding yang tersedia di pasaran, mulai dari bahan dasar hingga hasil akhirnya.

Salah satu kebingungan yang terkadang dijumpai adalah memilih cat dinding berdasarkan hasil akhirnya. Mana jenis cat yang paling awet di dinding, dan mana jenis cat yang paling cocok untuk digunakan?

Jika Anda termasuk orang yang bingung dengan berbagai hasil akhir cat dinding, jangan khawatir. MomsMoney sudah merangkumnya untuk Anda lewat artikel ini.

Baca Juga: Lime Wash Paint, Cat Ramah Lingkungan Tambah Nilai Estetik Rumah

Dirangkum dari masterclass.com dan elledecor.com, berikut beberapa jenis cat dinding berdasarkan hasil akhirnya.

Flat atau Matte

Sesuai namanya, jenis cat yang satu ini memiliki hasil akhir yang terlihat flat dan tidak mengkilap. Jenis cat flat atau matte mampu menutupi kekurangan di dinding karena daya coverage-nya yang cukup baik.

Namun, cat jenis flat memiliki kekurangannya tersendiri. Cat flat termasuk jenis yang tidak tahan lama, dalam artian mudah sekali rusak jika basah, terkena cairan, atau sering terkena sentuhan.

Oleh karena itu, cat jenis flat atau matte cocok digunakan di area rumah yang tidak sering dilewati atau tidak sering disentuh, misalnya ruang makan atau langit-langit rumah.

Eggshell dan Satin

Keduanya merupakan jenis cat yang populer, karena memberikan hasil akhir yang sedikit mengkilap dan mampu menutupi kekurangan di dinding. Perbedaan antara jenis eggshell dan satin hanyalah di hasil akhirnya, di mana cat satin memberikan kesan yang sedikit lebih mengkilap daripada jenis eggshell.

Kekurangannya, karena mempunyai hasil akhir yang mengkilap, maka jenis cat eggshell dan satin cenderung mudah memperlihatkan bekas sapuan kuas di dinding, jadi tekstur dinding terlihat tidak halus dan rata.

Kedua jenis cat ini lebih tahan terhadap sentuhan dan cairan daripada jenis flat, jadi cocok digunakan untuk ruangan yang sering ditempati, seperti ruang keluarga.

Baca Juga: Mengecat Kamar Sendiri, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Semi-gloss

Jenis cat dinding yang satu ini memberikan hasil yang mengkilap dan memantulkan cahaya. Karena sifatnya ini, cat semi-gloss cocok digunakan di ruangan atau tempat dengan tingkat aktivitas tinggi, seperti dapur, kamar mandi, atau kamar anak.

Selain awet dan tahan terhadap cairan sehingga dinding bisa dibersihkan dengan mudah, cat jenis ini juga tahan terhadap tingkat kelembapan yang tinggi sehingga mencegah risiko jamur di dinding.

Kekurangannya, karena hasil akhirnya memberi kesan mengkilap dan memantulkan cahaya, maka jenis cat semi-gloss mudah menonjolkan kekurangan di dinding.

High-gloss

Cat dinding high-gloss merupakan jenis cat yang memberikan hasil akhir paling mengkilap di antara semuanya. Jenis cat ini juga termasuk yang paling awet dan mudah dibersihkan karena tahan terhadap cairan.

Cat jenis high-gloss biasanya digunakan untuk pintu dan kabinet. Selain itu, cat jenis ini juga cocok untuk keperluan eksterior rumah, sehingga penggunaannya tidak terbatas di interior rumah.

Kekurangannya, seperti cat semi-gloss, jenis cat high-gloss yang mengkilap dan memantulkan cahaya bisa menonjolkan berbagai kekurangan di permukaan dinding. Jadi, pastikan permukaan dinding bersih dan rata sebelum mulai mengecat dengan jenis cat ini.

Itu tadi beberapa jenis cat dinding berdasarkan hasil akhirnya. Bagaimana, sudah tahu jenis cat dinding apa yang tepat untuk ruangan di rumah Anda?

Semoga artikel ini bisa membantu Anda, ya. Selamat memilih!

Selanjutnya: Ide Mainan Terbaik untuk Anak Sesuai Tingkatan Umur, Jangan Salah Pilih ya Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News