HOME, Keluarga

Ide Mainan Terbaik untuk Anak Sesuai Tingkatan Umur, Jangan Salah Pilih ya Moms!

Ide Mainan Terbaik untuk Anak Sesuai Tingkatan Umur, Jangan Salah Pilih ya Moms!

MOMSMONEY.ID - Mainan memang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak. Tak hanya menyenangkan, pemilihan mainan yang tepat juga dapat mengasah kreativitas sekaligus melatih anak untuk tetap aktif.

Tidak boleh sembarangan, para orang tua tidak diperkenankan untuk memberikan anak-anak mereka mainan secara asal. Selain harus aman, mainan yang dipilih juga harus disesuaikan dengan umur anak.

Melansir dari National Association for the Education of Young Children, inilah rekomendasi mainan terbaik untuk anak-anak berdasarkan tingkatan umur.

Baca Juga: Begini Pedoman Pemberian MPASI dari Ikatan Dokter Anak Indonesia

Bayi hingga berumur 6 bulan

Pada usia ini, bayi suka melihat wajah orang-orang di sekitarnya dan benda-benda berwarna cerah. Ketika tertarik akan sesuatu, bayi akan menggerakkan tangan dan kakinya, mencoba mengangkat kepala mereka, menoleh ke sumber suara, hingga memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

Mainan yang dapat mereka pegang dan hisap seperti boneka kecil yang lembut bisa Moms pilih. Selain itu, Moms juga dapat memberikan bayi mainan yang bisa menghasilkan sedikit suara seperti kerincingan. Membacakan dongeng dan lagu pengantar tidur juga bagus Moms berikan kepada bayi ketika hendak tidur.

Bayi berumur 7-12 bulan

Memasuki umur 7-12 bulan, bayi sudah bisa berguling dan duduk tanpa dibantu. Mereka juga mampu memahami nama sendiri, menemukan benda tersembunyi, dan memasuk-keluarkan barang dari wadah.

Mainan yang cocok untuk bayi di usia ini adalah benda-benda yang mampu membuat otot mereka bekerja seperti bola besar. Boneka bayi, mobil-mobilan plastik atau kayu, dan mainan lembut yang bisa bebas mereka susun juga menjadi ide mainan yang menarik untuk Moms berikan kepada mereka.

Anak berumur 1 tahun

Anak yang telah menginjak umur 1 tahun biasanya senang bermain-main di area tangga. Mereka juga nyaman untuk bermain di samping anak lain serta suka melakukan eksperimen ala pemikiran mereka.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Anak-Anak Mendengarkan Musik? Simak Faktanya

Ide mainan yang tepat untuk anak-anak berusia 1 tahun adalah benda-benda yang bisa mereka peragakan seperti telepon mainan, boneka, dan hewan-hewanan plastik. Moms juga dapat memberikan mereka mainan bergambar serta puzzle.

Anak berumur 2 tahun

Ketika memasuki umur 2 tahun, anak sudah mulai bisa belajar berkata-kata. Berbagai aktivitas fisik seperti melompat, memanjat, bergelantungan, hingga bergulingan juga kerap mereka lakukan.

Beberapa rekomendasi mainan yang bisa Moms berikan pada anak di usia ini adalah permainan teka-teki bergambar, permainan balok, dan mainan pasir. Bisa juga memberikan mereka boneka lengkap dengan aksesorinya serta media dan peralatan untuk menggambar.

Anak berumur 3-6 tahun

Anak-anak prasekolah dan taman kanak-kanak biasanya banyak bicara dan banyak bertanya. Mereka juga gemar bereksperimen dengan berbagai hal dan suka bermain bersama teman-teman. Selain itu, mereka pun tidak apa-apa jika harus memainkan wahana permainan secara bergiliran satu sama lain.

Mainan asah otak seperti puzzle sangat cocok untuk diberikan kepada anak-anak berumur 3-6 tahun. Permainan menghitung, bongkar pasang, playdough, sepeda roda tiga, permainan menggunting dan melipat kertas, serta bola sepak juga menjadi beberapa mainan yang bagus untuk Moms berikan kepada mereka.

Itulah beberapa rekomendasi mainan untuk anak-anak yang telah disesuaikan dengan tingkat umurnya masing-masing. Pastikan untuk tidak memberikan mainan yang terbuat dari bahan berbahaya dan memiliki unsur yang tajam. Jangan lupa juga untuk mengontrol keamanan mainan listrik dan mainan-mainan kecil yang mudah tertelan ya Moms.

Selanjutnya: Inilah Cara Tepat Mengatasi Anak yang Sulit Makan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News