HOME, Santai

Lime Wash Paint, Cat Ramah Lingkungan Tambah Nilai Estetik Rumah

Lime Wash Paint, Cat Ramah Lingkungan Tambah Nilai Estetik Rumah

MOMSMONEY.ID - Menciptakan kesan ruangan yang romantis, dreamy, dan memiliki nuansa seperti rumah di Itali mungkin adalah salah satu impian Anda.  Dengan menggunakan teknik limewash maka Anda sudah bisa mendapatkan rumah atau ruangan impian Anda tersebut. Selain dapat membuat ruangan Anda terasa lebih hangat, cat jenis ini juga dikenal karena ramah lingkungan.

Cat jenis ini adalah cat yang menggunakan lime stone atau gamping sebagai bahan utamanya. Maka dari itu, cat ini bisa dinyatakan sebagai cat yang ramah lingkungan. Proses pembuatan cat jenis limewash di pabrik pun juga terbilang ramah lingkungan karena menggunakan pewarna natural sebagai tambahannya.

Melansir dari laman Martha Stewart, cat limewash terbuat dari campuran gamping yang telah dihancurkan dan dipanaskan dengan air hingga ia berbentuk kental seperti pasta. Cat dengan jenis ini pun sudah digunakan sejak lama bahkan sekitar 1000 tahun yang lalu dan pernah digunakan untuk membuat beberapa Frescos terkenal di Italy.

Baca Juga: Mengenal Metode Menanam Hidroponik untuk Pemula

Limewash menciptakan permukaan dinding dengan hasil matte. Ditambah dengan hasil cat yang bertekstur seperti kapur dan beludru. Pada laman Remodelista juga menyatakan bahwa dengan menggunakan cat jenis ini maka kedalaman dan kilau dari dinding Anda yang flat atau datar dapat lebih terlihat.

Gamping memiliki tingkat pH yang tinggi yang berarti bahwa bakteri dan mikro organisme lainnya tidak akan dapat hidup disitu. Selain itu cat limewash ini juga mengandung bahan yang dapat menghilangkan bau dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Limewash dapat digunakan baik di dalam maupun luar ruangan. Namun cat jenis ini tidak akan sesuai untuk digunakan pada bahan atau permukaan kayu atau metal. Cat jenis ini akan menghasilkan warna yang lebih cerah saat sudah kering. Jadi pastikan untuk menambah lapisan cat jika ingin menghasilkan warna yang lebih gelap.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah cat limewash ini ramah di kantong juga loh. Karena Anda dapat membuat sendiri campuran cat ini di rumah. Jika Anda tertarik untuk coba membuatnya, tonton video ini ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News