Keluarga

Jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini 7 Perbedaan Susu Almond dan Susu Kedelai

Jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini 7 Perbedaan Susu Almond dan Susu Kedelai

MOMSMONEY.ID - Susu almond dan susu kedelai adalah dua jenis susu alternatif pengganti susu sapi. Ada sejumlah perbedaan susu almond dan susu kedelai mulai dari sisi rasa dan kandungan nutrisinya.

Kedua jenis susu ini tergolong ke dalam jenis susu vegan yang baik bagi orang-orang yang alergi terhadap laktosa. Susu almond dan susu kedelai punya fungsi yang baik bagi jantung. Ini disebabkan kedua susu ini mengandung lemak jenuh yang rendah.

Apa sajakah perbedaan susu almond dan susu kedelai ? Dirangkum dari laman diffen, Wellseek, dan Medical News Today, berikut selengkapnya:

Bahan asal

Perbedaan susu almond dan susu kedelai dapat terlihat jelas dari bahan asalnya. Seperti namanya, susu almond terbuat dari bubuk almond & susu kedelai terbuat dari bubuk kedelai.

Tekstur

Tekstur juga turut serta jadi salah satu perbedaan susu almond dan susu kedelai. Meski pada dasarnya semua susu bertekstur cair, namun kedua jenis susu ini punya tekstur yang tak sehalus susu sapi.

Untuk susu almond sendiri teksturnya bisa sedikit berbutir karena dihasilkan dari kacang almond yang ditumbuk halus dan dicampurkan dengan air.

Sementara susu kedelai punya tekstur yang berkapur karena dihasilkan dari kedelai yang direndam kemudian digiling dengan air.

Baca Juga: 4 Hal Ini yang Membedakan Kecap Asin dengan Kecap Ikan, Sudah Tahu?

Rasa

Susu Kedelai

Baik susu almond maupun susu kedelai merupakan 2 jenis susu nabati yang dapat dikonsumsi mentah atupun matang. Namun rasa keduanya sangat berbeda.

Susu almond biasa hadir dalam jenis rasa tawar, vanilla, dan coklat. Susu almond cenderung punya cita rasa yang manis dan sedikit pedas.

Sementara susu kedelai hadir dalam jenis rasa tawar, vanilla, coklat, dan rasa original tanpa pemanis tambahan. Susu kedelai ini cenderung terasa sedikit asam jika tanpa pemanis tambahan. Maka dari itu biasanya susu kedelai dijual dengan telah menambahkan pemanis buatan/gula dalam jumlah yang rendah.

Baca Juga: 4 Perbedaan Utama Mentega dan Margarin, Mulai dari Tekstur hingga Kegunaan

Brand susu

Baik susu almond maupun susu kedelai sama-sama telah dijadikan sebagai jenis minuman susu komersil yang dapat diperjual belikan di pasar.

Ada banyak jenis susu almond dan susu kedelai yang terkenal dan bisa Anda beli, contohnya:

Susu almond: brand Silk dan Blue Diamond

Susu kedelai: brand Silk, West Soy, dan Soy Dream dari brand Soy Milk.

Baca Juga: Tergolong Minyak Sehat, Ini 5 Perbedaan Minyak Wijen dan Minyak Zaitun untuk Masakan

Manfaat bagi tubuh

Susu almond

Baca Juga: Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Meski kedua susu ini sama-sama menyehatkan, namun susu almond dan susu kedelai punya perbedaan yang cukup jelas bagi kesehatan.

Susu almond punya manfaat sebagai susu yang rendah lemak, rendah kalori, baik bagi orang-orang yang intoleran terhadap laktosa, serta alergi terhadap susu sapi.

Sementara susu kedelai punya manfaat yang lebih luas bagi kesehatan tubuh, terutama organ reproduksi, di antaranya sebagai:

  1. Alternatif pengganti susu bagi orang-orang yang  intoleran terhadap laktosa
  2. Bagi yang mengidap alergi terhadap susu sapi
  3. Untuk membantu meredakan gejala menopause
  4. Mencegah kanker prostat.

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Kandungan nutrisi

Perbedaan susu almond dan susu kedelai dapat dilihat dari kandungan nutrisinya. Susu kedelai punya keunggulan nutrisi di segala bentuk (mulai dari kandungan protein, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin B1, A, Potasium, serta kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung) jika dibandingkan dengan susu almond.

Sementara susu almond itu sendiri lebih unggul daripada susu kedelai dalam hal: kandungan karbohidrat, vitamin B2 (riboflavin), kalsium, sodium, vitamin D, serta lebih rendah kalori.

Baca Juga: Mengenal Bumbu Pedas ala Korea Gochujang dan Gochugaru, Intip Perbedaannya!

Perlu diketahui bahwa kalsium yang terdapat pada susu almond adalah 188 mg sementara susu kedelai hanya 25 mg.

Untuk protein yang terdapat pada susu almond hanya 0,42 gram, sementara susu kedelai sebanyak 3,27 gram.

Susu almond vs susu kedelai, mana yang lebih baik?

Apabila Anda alergi terhadap laktosa yang ada pada susu sapi, Anda bisa memilih jenis susu alternatif pengganti susu sapi, seperti susu kedelai ataupun susu almond.

Baca Juga: Mengenal Sederet Perbedaan Sushi, Sashimi, Maki, dan Nigiri

Namun untuk pemilihannya, coba sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan tubuh. Apabila tubuh lebih membutuhkan kalsium, maka MomsMoney merekomendasikan susu almond untuk dikonsumsi. Namun apabila tubuh lebih membutuhkan protein, maka susu kedelai lebih direkomendasikan.

Itu dia beberapa perbedaan susu almond dan susu kedelai yang bisa MomsMoney jabarkan. Jadi, pastikan jenis susu manapun yang Anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News