HOME, Keluarga

Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

MOMSMONEY.ID - Ternyata saus tiram & saus bumbu rasa tiram adalah 2 jenis saus masakan yang berbeda, loh! Mau tahu apa saja perbedaannya? Dilansir dari Lacademie, simak yang berikut ini!

Sejarah

Lee Kum Sheung, seorang pendiri perusahaan saus tiram asal Cina dulunya merupakan seseorang yang menjual tiram dan berbagai macam makanan olahannya.

Baca Juga: 4 Perbedaan Gochujang dan Gochugaru, Bumbu Pedas yang Hadir di Setiap Masakan Korea

Penemuan saus tiram pertama yang ditemukan oleh Lee Kum Sheung berasal dari tiram-tiram yang dimasak hingga terlalu lama. Tiram-tiram ini menghasilkan kaldu yang berubah menjadi saus yang lengket dan beraroma.

Penemuan inilah yang membuat Lee Kum Sheung akhirnya mendirikan perusahaan Lee Kum Kee, yakni perusahaan di industri bumbu raksasa yang salah satu saus paling terkenalnya adalah saus tiram.

Baca Juga: Resep Dakkochi, Sate Ayam Bersaus Merah Pedas ala Korea

Sementara saus bumbu rasa tiram diciptakan sebagai versi dari saus tiram yang lebih murah, untuk menekan angka penjualan dari perusahaan.

Masakan Saus Tiram

Baca Juga: Resep Masakan Sehat Ayam Kalio Bumbu Padang yang Rendah Kolesterol

Komposisi saus

Sama seperti sejarahnya, saus tiram dibuat dari memasak tiram dalam waktu yang lama hingga mengeluarkan kaldu yang kental dan beraroma.

Sementara saus bumbu rasa tiram terbuat dari ekstrak atau esens tiram yang sengaja diciptakan untuk membuat saus tiram versi yang lebih murah.

Melansir dari Lee Kum Kee, ekstrak tiram ini dicampur dengan garam, gula, serta kecap. Adapun tambahan tepung jagung dan karamel untuk memberikan tekstur kental yang tepat.

Baca Juga: 6 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Ayam, Tertarik Mencoba?

Profil saus

Nyatanya, saus bumbu rasa tiram memiliki profil rasa, konsistensi, hingga warna yang hampir identik dengan saus tiram asli.

Yang membedakan kedua jenis saus ini adalah jika saus tiram membutuhkan uang dan waktu pembuatan yang lama, sementara saus bumbu rasa tiram membutuhkan uang dan waktu yang lebih sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News