CLOSE [X]
ads

Mengenal Bumbu Pedas ala Korea Gochujang dan Gochugaru, Intip Perbedaannya!

Reporter: Raissa Yulianti
Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:15 WIB
Mengenal Bumbu Pedas ala Korea Gochujang dan Gochugaru, Intip Perbedaannya!


MOMSMONEY.ID - Suka masakan Korea tapi bingung dengan bumbu-bumbu pedas yang sering digunakan? Tenang… kini MomsMoney akan memperkenalkan Anda bumbu pedas Korea bernama Gochujang & Gochugaru.

Gochujang dan Gochugaru merupakan 2 jenis bumbu pedas yang selalu ada di setiap jenis makanan Korea. Ini karena kebanyakan makanan Korea merupakan masakan pedas.

Lalu, apa sih perbedaan Gochujang dan Gochugaru? Melansir dari Lacademie dan Master Class, simak beberapa perbedaan bumbu pedas ala Korea Gochujang dan Gochugaru berikut ini, yuk!

Baca Juga: Resep Dubu Kongguksu Ala Chef Park Jong Won, Mi Lezat Berkuah Sari Kedelai

Tekstur

gochujang

Gochujang merupakan bumbu pedas khas Korea yang bertekstur pasta.

Bentuknya yang kental & berwarna merah cocok dijadikan sebagai bahan bumbu campuran untuk memarinasi daging hingga dipakai sebagai saus dalam berbagai makanan kuah dan cocolan sambal.

Sementara itu, Gochugaru juga merupakan bumbu pedas Korea yang bertekstur bubuk, tanpa biji cabai.

Gochugaru atau bubuk cabai ini dipakai untuk memasak kimchi pedas, campuran salad, dan berbagai jenis makanan tradisional Korea lainnya.

Baca Juga: 4 Tips Mengawetkan Makanan Bersantan Sisa Lebaran Agar Tak Cepat Basi

Bahan

Gochugaru dan Gochujang juga terdiri atas bahan yang berbeda.

Jika gochugaru terbuat dari cabai rawit yang dikeringkan, dibuang bijinya, dan digiling dengan mesin, maka berbeda dengan saus gochujang.

Saus gochujang terdiri dari beberapa bahan, yakni: cabai merah bubuk (gochugaru), garam, bubuk kedelai fermentasi, sirup beras cokelat, dan tepung ketan.

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TOPIK TERPOPULER