HOME, Keluarga

Interior Rumah Makin Seru, Simak 5 Tips Dekorasi Menggunakan Motif Garis-Garis

Interior Rumah Makin Seru, Simak 5 Tips Dekorasi Menggunakan Motif Garis-Garis

MOMSMONEY.ID - Motif garis-garis atau stripes adalah salah satu motif simpel yang banyak digunakan di berbagai tempat, termasuk pada dekorasi rumah. Anda dapat menemukan motif garis-garis pada berbagai hal di dalam rumah, misalnya pada dinding, sprei, tirai, hingga sofa dan karpet.

Walaupun terlihat simpel, mendekorasi rumah dengan motif garis-garis tetap membutuhkan kecermatan khusus, lo. Sebab, jika salah digunakan, motif garis-garis dapat membuat rumah terlihat ramai, sehingga tidak enak dipandang.

Jadi, bagaimana caranya supaya interior rumah menggunakan motif garis-garis bisa terlihat seru dan enak dipandang? Simak tips berikut ini.

Baca Juga: 4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral, Tak Terkesan Kuno!

Hindari warna yang bertabrakan

Dikutip dari The Spruce, Anda perlu menghindari motif garis-garis dengan warna yang saling bertabrakan, misalnya warna oranye-ungu atau merah-pink.

Kombinasi warna-warna yang terlalu mencolok dan bertabrakan akan membuat ruangan terlalu ramai dan kurang enak dipandang. Sebaiknya, gunakan warna yang kontras (misalnya warna gelap dan terang) atau warna-warna yang senada.

Gunakan sebagai aksen

Jika ragu menggunakan motif garis-garis karena takut terlihat intens, cukup gunakan dalam jumlah kecil sebagai aksen, misalnya pada satu sisi dinding di suatu ruangan.

Atau, gunakan dekorasi seperti karpet dan bantal dengan motif garis-garis. Di ruangan yang terkesan netral, keberadaan motif garis-garis bisa menjadi sentuhan yang menarik perhatian.

Baca Juga: 5 Cara Mengombinasikan Motif Pada Dekorasi Rumah, Hindari Kesan Ramai!

Kombinasikan dengan warna polos

Untuk mengimbangi kesan intens dari motif garis-garis, Anda bisa menggunakan warna polos. Misalnya, di ruangan dengan wallpaper garis-garis pada dindingnya, gunakan furnitur dan dekorasi ruangan dengan warna polos yang simpel.

Atau, kombinasikan motif garis-garis dengan motif lainnya yang tidak terlalu ramai. Hal ini akan membantu mengurangi kesan warna dan motif yang bertabrakan sehingga interior rumah terlihat lebih menyenangkan.

Baca Juga: Ide Dekor Rumah Minimalis Bernuansa Islami, Cocok untuk Sambut Ramadan

Pertimbangkan proporsi ruangan

Sebelum menggunakan motif garis-garis pada dinding rumah, perhatikan luas ruangannya sehingga motif garis-garis akan terlihat proporsional dan seimbang.

Sebagai contoh, jika ruangan tersebut cukup luas, Anda bisa menggunakan motif garis-garis yang lebar. Hindari menggunakan motif garis-garis tipis di ruangan besar karena rentan terlihat terlalu ramai.

Ciptakan ilusi ruangan

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan motif garis-garis pada dinding untuk menciptakan ilusi di suatu ruangan.

Mengutip Homedit, motif garis-garis horizontal dapat membantu memberi kesan ruangan yang lebih besar. Sementara itu, motif garis-garis vertikal dapat membuat ruangan terlihat lebih tinggi, terutama di ruangan dengan plafon rendah.

Supaya efeknya maksimal, gunakan motif garis-garis dengan warna yang senada, misalnya warna abu-abu dan putih. Jika warnanya kontras, efek yang dihasilkan justru akan membuat ruangan terasa lebih kecil.

Itulah beberapa tips mudah untuk menggunakan motif garis-garis pada dekorasi rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News