HOME, Keluarga

5 Cara Mengombinasikan Motif Pada Dekorasi Rumah, Hindari Kesan Ramai!

5 Cara Mengombinasikan Motif Pada Dekorasi Rumah, Hindari Kesan Ramai!

MOMSMONEY.ID - Dalam mendekorasi rumah, seringkali kita menggunakan berbagai motif, pola, atau corak yang terlihat unik dan menarik. Ada banyak sekali motif yang bisa digunakan untuk mendekorasi rumah, seperti motif geometris, floral, kulit hewan, polkadot, bahkan motif tenun dan batik.

Menggunakan motif-motif tersebut memang dapat mempercantik rumah secara instan. Namun, saat ingin mengombinasikan beberapa motif tertentu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya motif-motif tersebut tidak membuat rumah terasa ramai.

Ingin tahu bagaimana caranya mengombinasikan berbagai motif pada dekorasi rumah? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: 4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral, Tak Terkesan Kuno!

Batasi jumlah motif yang digunakan

Dikutip dari Decoholic, membatasi jumlah motif yang digunakan pada dekorasi rumah sangat penting untuk mencegah kesan ramai dan berantakan.

Sebaiknya, cukup gunakan dua atau tiga motif sekaligus di suatu ruangan. Setelahnya, pilih satu motif utama yang akan menjadi pusat perhatian di ruangan tersebut.

Kombinasikan ukuran motif yang berbeda

Ketika mengombinasikan dua atau tiga motif yang berbeda, cobalah untuk menggunakan motif dengan ukuran yang berbeda pula.

Mengutip laman Masterclass, pilihlah satu motif dengan ukuran yang besar sebagai motif utama di suatu ruangan. Lalu, kombinasikan dengan motif yang lebih kecil sebagai aksen atau pemanis ruangan.

Baca Juga: Lucu dan Stylish, Kenali Tren Dekorasi Kamar Anak Tahun 2022

Gunakan warna-warna yang senada

Kombinasi berbagai pola dan motif di suatu ruangan memang rentan memberi kesan ramai dan berlebihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan motif-motif dengan kelompok warna yang sama. Hal tersebut akan memberikan tampilan ruangan yang enak dipandang, tapi terhindar dari kesan membosankan karena ada beragam variasi motif.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Yuk Hias Interior Rumah dengan Elemen Islami Berikut Ini!

Kombinasikan motif simpel dan rumit

Setiap motif memiliki kerumitan yang berbeda-beda. Ada motif yang simpel seperti motif garis-garis dan polkadot, dan ada pula motif yang terlihat rumit seperti motif floral dan batik.

Supaya interior rumah tidak terlalu ramai, coba kombinasikan motif-motif dengan berbagai tingkat kerumitan. Kombinasi motif simpel dan rumit akan menciptakan variasi yang menyenangkan di rumah Anda.

Imbangi dengan warna polos

Dilansir dari The Spruce, Anda bisa mengombinasikan motif yang ramai dengan warna polos untuk membantu mengimbangi kesan ramai dari motif yang digunakan.

Misalnya, jika menggunakan tirai bermotif, gunakan vitrase berwarna polos atau dinding yang netral sebagai pelengkapnya. Hal ini akan membantu “memecah” motif sehingga tetap nyaman dipandang.

Itulah beberapa tips mudah untuk mengombinasikan berbagai motif pada dekorasi rumah Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News