HOME, Keluarga

Sambut Ramadan, Yuk Hias Interior Rumah dengan Elemen Islami Berikut Ini!

Sambut Ramadan, Yuk Hias Interior Rumah dengan Elemen Islami Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, banyak orang yang mengadaptasi konsep atau gaya Islami pada interior rumahnya.

Tidak hanya dari aspek religius saja, tapi rumah bergaya Islami juga memiliki estetika tersendiri sehingga cukup banyak diminati.

Nah, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan yang akan datang sebentar lagi, yuk coba hiasi interior rumah Anda supaya bernuansa Islami. Dilansir dari Qanvast dan Houzz Singapore, berikut elemen-elemen yang biasanya ditemukan dalam interior rumah bergaya Islami.

Baca Juga: Ingin Interior Rumah Terlihat Lebih Modern? Ikuti 5 Tips Ini!

Motif geometris

Motif geometris sangat umum digunakan pada arsitektur bergaya Islami, karena agama Islam melarang penggambaran makhluk hidup seperti manusia atau hewan pada karya seni. Anda dapat menemukan motif geometris yang berulang ini pada beberapa tempat, misalnya keramik atau teralis jendela.

Dekorasi bergaya Islami

Dekorasi yang umumnya ditemukan pada rumah bergaya Islami meliputi kerajinan keramik dan mozaik yang dibentuk dengan motif atau bentuk geometris simpel, tapi tetap terlihat khas. Atau, jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, coba gunakan motif tumbuhan atau bunga yang cantik.

Warna hijau

Warna hijau identik dengan kesan Islami, sebab menggambarkan kesucian dan memberikan kesan harmonis. Di luar aspek tersebut, warna hijau juga dapat memberikan kesan yang menenangkan sehingga cocok untuk interior rumah.

Warna hijau bisa dipadukan dengan warna-warna lainnya, seperti warna biru, abu-abu, oranye, kuning, hingga coklat dan emas. Atau, gunakan berbagai varian warna hijau untuk menciptakan tampilan ruangan monokrom yang apik.

Baca Juga: Interior Makin Menawan, Ini 5 Tren Dekorasi Dinding Rumah Tahun 2022

Elemen kayu

Rumah bergaya Islami banyak menggunakan elemen kayu pada interiornya, sebab dipercaya sebagai simbol dari kemakmuran dan kemewahan. Anda bisa menggunakan elemen kayu pada lantai hingga furnitur rumah. Untuk sentuhan yang modern, pilihlah furnitur atau lantai kayu yang terlihat lebih simpel dan minimalis.

Material yang mewah

Di rumah bergaya Islami, Anda dapat menemukan beragam penggunaan material kain atau tekstil yang terlihat mewah, misalnya beludru, sutra, satin, atau jenis kain lainnya. Untuk menghindari kesan “berat”, pemakaian kain-kain tersebut dapat dikombinasikan dengan jenis kain yang lebih ringan, misalnya renda atau chiffon.

Baca Juga: 7 Kesalahan Dekorasi Kamar Anak yang Bikin Kamar Terlihat Membosankan

Furnitur yang rendah

Furnitur-furnitur pada rumah bergaya Islami kebanyakan memiliki ketinggian yang rendah, sehingga Anda bisa menjejak lantai atau lesehan di lantai dengan mudah. Terkadang, keberadaan kursi juga dihilangkan dan diganti dengan bantal yang empuk. Anda pun dapat memilih furnitur dengan kesan klasik maupun minimalis.

Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu hal yang kerap ditemukan di rumah bergaya Islami. Biasanya, kaligrafi ini berisikan ayat-ayat Al-Qur’an atau kalimat thayyibah yang ditulis dengan cara artistik. Jangan khawatir rumah Anda akan terlihat kuno atau membosankan, sebab saat ini sudah banyak sekali seni kaligrafi modern yang cocok diletakkan di rumah masa kini.

Itulah beberapa elemen yang sering ditemukan di rumah bergaya Islami. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News