HOME, Keluarga

Inspirasi Ruang Makan Gaya Japandi, Suasana Makin Hangat dan Santai

Inspirasi Ruang Makan Gaya Japandi, Suasana Makin Hangat dan Santai

MOMSMONEY.ID - Gaya Japandi yang mengusung konsep minimalisme sedang banyak digandrungi pecinta desain interior.

Pasalnya, gaya ini menggabungkan gaya interior Jepang dan Skandinavia yang sama-sama mengedepankan kesederhanaan dan fungsionalitas dalam tata ruang. Penampilan ruangan yang simpel dan rapi pun bisa terlihat elegan dan memanjakan mata.

Tak hanya ruang keluarga dan kamar tidur, ruang makan juga merupakan area favorit untuk didekorasi dengan gaya ini. Suasana ruang makan pun bisa terasa makin hangat sehingga membuat kegiatan makan bersama lebih menyenangkan.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh ruang makan dengan gaya Japandi yang bisa Anda tiru di rumah. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: Inspirasi Dapur Gaya Japandi yang Kalem dan Homey

Kursi yang berbeda

Gaya interior Japandi mengadaptasi konsep wabi-sabi ala Jepang, artinya “kesempurnaan di dalam ketidaksempurnaan”. Jadi, Anda tidak harus terpaku pada tatanan interior yang sempurna.

Contohnya seperti gambar ruang makan di atas yang menggunakan dua jenis kursi berbeda, yaitu  kursi satuan biasa di satu sisi dan kursi panjang model bench di sisi satunya. Penggunaan jenis kursi yang berbeda ini tentu memiliki keuntungan sendiri, misalnya dapat memuat lebih banyak orang di meja makan.

Namun, jangan lupa untuk tetap berpegang pada prinsip Japandi. Walaupun menggunakan kursi yang berbeda, pastikan material dan warnanya senada sehingga terlihat serasi. Lalu, perhatikan pencahayaan di ruang makan sehingga terkesan lapang dan cerah.

Dinding semen dan pencahayaan lembut

Gaya Japandi menekankan penampilan ruangan yang sederhana dan minimalis. Dinding dan lantai semen ekspos pun bisa Anda gunakan untuk menciptakan kesan ruang makan yang simpel. Selain terlihat simpel, dinding dan lantai semen bisa memberi kesan dingin dan kalem yang nyaman.

Untuk melengkapi penampilan ruang makan, gunakan furnitur kayu dengan desain yang sederhana dan minimalis sehingga sesuai dengan prinsip Japandi. Jika ingin, tambahkan aksen warna hitam yang tegas melalui pernak-pernik seperti rangka meja.

Supaya ruang makan terlihat cerah, jangan lupakan aspek pencahayaan di ruang makan. Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami melalui jendela atau lampu dengan warm light yang lembut.

Baca Juga: Tengok Desain Lantai Mezzanine Berikut, Interior Rumah Tampil Beda!

Kontras warna yang nyaman

Jika Anda kurang menyukai warna kayu yang terkesan hangat, coba gunakan perpaduan warna netral yang cenderung dingin seperti coklat muda, putih, dan hitam di ruang makan.

Ruang makan di atas menggunakan warna putih keabu-abuan dan coklat muda yang kalem sebagai dasarnya. Lalu, untuk menambah warna, ada aksen hitam yang dimunculkan pada kursi, laci meja, dan kusen pintu serta jendela. Warna hitam yang tegas akan menciptakan kontras menarik terhadap warna putih dan coklat muda.

Untuk kesan Japandi yang makin kentara, gunakan material kayu berwarna terang dan furnitur minimalis. Desain furnitur dan pernak-pernik yang digunakan di ruang makan pun sebaiknya memiliki bentuk yang tegas dan bersih.

Meja lesehan ala Jepang

Gaya Japandi memiliki ciri khas berupa penggunaan furnitur yang rendah dan low-profile. Desain furnitur seperti ini diadaptasi dari gaya hidup orang Jepang yang melakukan aktivitas sehari-hari di lantai, seperti makan dan tidur.

Bagi orang Indonesia yang terbiasa makan lesehan, konsep ini tentunya sudah familier dan dikenal baik. Jadi, jika Anda ingin menerapkan gaya Japandi pada ruang makan, salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah menambahkan meja rendah yang bisa digunakan untuk makan sambil lesehan di lantai.

Supaya makin nyaman, Anda bisa menambahkan bantal duduk di lantai. Jangan lupakan perpaduan warna netral dan material kayu khas gaya Japandi, serta pencahayaan untuk menerangi ruang makan.

Selanjutnya: Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Industrial yang Tetap Cozy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News