HOME, Keluarga

Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Industrial yang Tetap Cozy

Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Industrial yang Tetap Cozy

MOMSMONEY.ID - Selain ruang keluarga, gaya industrial juga banyak diterapkan di kamar tidur.

Pasalnya, gaya industrial menawarkan penampilan kamar yang terlihat estetik walaupun menggunakan material-material yang dibiarkan “terbuka” dan apa adanya. Kamar yang nyaman dan estetik pun merupakan kunci untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan beristirahat di dalam kamar.

Jika Anda tertarik untuk menerapkan gaya ini di kamar tidur, berikut ada beberapa contoh kamar tidur yang didekorasi dengan gaya industrial. Walaupun sama-sama mengusung gaya industrial, kesan yang dihadirkan cukup beragam. Anda bisa memilih kesan kamar tidur yang simpel, hangat, atau kalem.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Gaya Japandi yang Kalem dan Homey

Papan kayu sebagai aksen

Anda tidak harus menggunakan bata atau kayu pada seluruh permukaan dinding untuk mendapatkan kesan industrial di kamar. Kuncinya, cukup gunakan pernak-pernik atau aksen bergaya industrial dan sebarkan ke beberapa area di kamar.

Kamar tidur di atas tidak menggunakan dinding bata atau kayu, tapi menggunakan dinding putih polos sebagai dasar. Untuk aksen yang menarik, pemiliknya menggunakan papan kayu berwarna terang yang disusun acak di bagian kepala kasur.

Untuk melengkapi penampilan kamar, ada ranjang yang terbuat dari besi dan rak ambalan yang menggunakan gabungan material kayu dan besi. Perpaduan warna coklat dan hitam yang tegas dari material tersebut pun menciptakan kesan industrial yang tetap minimalis dan nyaman.

Kamar loteng yang estetik

Gaya industrial identik dengan ruangan yang luas dan memiliki langit-langit yang tinggi. Jadi, jika Anda kebetulan memiliki kamar tidur dengan karakteristik yang sama, gaya industrial akan sangat cocok diterapkan di kamar.

Supaya suasana kamar makin nyaman, gunakan material kayu dan bata dengan warna netral yang kalem seperti putih dan coklat tua. Tambahkan unsur warna gelap lainnya melalui dinding hitam polos dan sprei abu-abu. Kombinasi warna gelap yang tepat akan membuat kamar terasa intim dan cozy.

Jika penggunaan warna gelap dirasa sedikit suram, akali dengan keberadaan skylight di bagian atap atau jendela besar dengan teralis besi untuk memasukkan cahaya alami sebanyak-banyaknya ke dalam kamar. Jendela dengan kusen besi juga dapat menonjolkan kesan industrial di dalam kamar.

Baca Juga: Ide Desain Ruang Keluarga Gaya Industrial, Keren dan Gagah

Dinding bata yang klasik

Penggunaan dinding bata merupakan salah satu cara termudah untuk menghasilkan kesan industrial pada suatu ruangan. Tergantung selera, Anda dapat menggunakan dinding bata asli atau memasang wallpaper bermotif bata.

Kamar tidur di atas menggunakan dinding bata ekspos yang terlihat hangat dan estetik. Supaya tidak terlalu ramai, dinding bata hanya digunakan pada satu sisi dinding dan biarkan ketiga sisi dinding lainnya polos. Penggunaan bata pada satu sisi dinding pun menciptakan tampilan dinding aksen yang menarik.

Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk mendekorasi kamar dengan furnitur dan pernak-pernik yang senada dengan tema industrial. Anda dapat menggunakan furnitur berbahan besi dan kayu, kemudian gunakan warna-warna netral yang cerah untuk menyeimbangkan warna bold dari dinding bata.

Semen ekspos yang sederhana

Selain tembok bata, tembok semen ekspos juga merupakan cara mudah untuk menghadirkan kesan industrial di dalam ruangan. Warna semen yang netral pun bisa dipadukan dengan beragam jenis dan warna furnitur dalam kamar, sehingga penerapannya tidak sebatas pada gaya industrial saja.

Menggunakan tembok semen ekspos sebagai dasar, kamar tidur di atas melengkapi kesan netral dan kalem dengan menggunakan warna-warna gelap yang senada. Material kayu dengan warna coklat gelap pun digunakan untuk menambah kesan kalem dan dingin yang nyaman.

Untuk menyeimbangkan kesan dingin di kamar, gunakan lampu dengan warna warm white atau kuning yang hangat dan memberi kesan homey di kamar tidur. Jika memungkinkan, maksimalkan pencahayaan alami lewat jendela besar dengan kusen besi yang minimalis.

Selanjutnya: Tengok Desain Lantai Mezzanine Berikut, Interior Rumah Tampil Beda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News