Inspirasi Ruang Keluarga Warna Biru yang Kalem dan Simpel

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 15 September 2021 | 17:25 WIB
Inspirasi Ruang Keluarga Warna Biru yang Kalem dan Simpel

ILUSTRASI. Contoh ruang keluarga dengan warna biru. Foto: Instagram @whitneysturgeinteriors

MOMSMONEY.ID - Warna biru sudah lama dikenal sebagai warna yang identik dengan kesan kalem dan damai. Jadi, tak heran bila warna ini banyak digunakan untuk interior rumah, misalnya kamar tidur dan ruang keluarga.

Sementara itu, ruang keluarga merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang kerap digunakan sebagai area bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Warna biru pun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mewarnai ruang keluarga karena membuat suasana ruangan makin nyaman dan kalem.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh ruang keluarga yang menggunakan warna biru. Walaupun sama-sama menggunakan warna biru, semua ruang keluarga berikut tetap unik dan memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: Unik, Ini Inspirasi Interior Rumah dengan Warna Komplementer Hijau dan Merah

Suasana tropis yang cerah

Warna biru identik dengan air, sehingga Anda dapat menggunakan warna ini untuk ruang keluarga bertema tropis atau pantai seperti pada gambar di atas.

Gunakan warna putih atau cream sebagai dasar, lalu beri aksen warna biru melalui karpet, sofa, dan bantal. Supaya suasana tropis terasa, gunakan furnitur dan pernak-pernik anyaman, kemudian manfaatkan pencahayaan semaksimal mungkin melalui jendela besar.

Perpaduan warna yang apik

Anda tidak harus menggunakan warna biru sebagai warna tunggal di ruang keluarga. Supaya ruang keluarga tidak monoton, Anda bisa menggunakan perpaduan warna lainnya, misalnya warna hijau dan pink.

Gunakan warna biru pada dinding ruang keluarga, lalu lengkapi dengan furnitur dan pernak-pernik dengan campuran warna biru, hijau, dan pink. Kombinasikan warna bold dan lembut untuk menciptakan penampilan ruang keluarga yang apik.

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang, Saat Membersihkan Rumah

Warna biru yang lembut

Supaya kesan kalem di ruang keluarga makin terasa, pilihlah warna biru muda yang lembut, misalnya warna baby blue seperti ruang keluarga di atas. Anda juga bisa memilih warna biru muda keabu-abuan untuk kesan yang lebih dingin.

Sebagai dasar, gunakan warna biru muda pada seluruh permukaan dinding ruang keluarga. Lalu, gunakan perpaduan warna biru muda dengan warna-warna netral lainnya, misalnya putih, coklat, dan hitam supaya tidak monoton.

Biru sebagai aksen

Untuk penampilan ruang keluarga yang simpel tapi menarik, coba gunakan warna biru gelap sebagai aksen sehingga Anda tidak perlu menggunakan warna biru pada seluruh ruangan.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas yang menggunakan warna putih dan cream sebagai dasar. Lalu, sebagai aksen, warna biru gelap yang kontras digunakan pada beberapa tempat seperti meja dan bantal sofa.

Selanjutnya: Tinggal di Apartemen Kecil? Ini Tips Mudah Mendekorasinya

Editor: Kania Paramahita
Terbaru