Tinggal di Apartemen Kecil? Ini Tips Mudah Mendekorasinya

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 15 September 2021 | 14:16 WIB
Tinggal di Apartemen Kecil? Ini Tips Mudah Mendekorasinya

ILUSTRASI. Berikut tips untuk mendekorasi apartemen kecil dengan mudah. Foto: Dok.Dekoruma

MOMSMONEY.ID - Selain rumah tapak, apartemen merupakan jenis hunian yang banyak dipilih oleh orang-orang, terutama mereka yang tinggal di daerah urban atau perkotaan.

Apartemen memang memiliki beberapa kelebihan seperti fasilitas yang nyaman dan lokasi yang strategis. Namun, banyak orang yang ragu tinggal di apartemen karena cenderung kecil dan tidak seluas rumah tapak biasa.

Jika Anda kebetulan tinggal di apartemen kecil dan ingin mendekorasinya supaya tidak membosankan, jangan khawatir. Dilansir dari Architectural Digest dan mymove.com, berikut beberapa tips mudah untuk mendekorasi apartemen kecil.

Baca Juga: Tips dan Trik Mendekorasi Rak Buku yang Keren dan Instagrammable, Yuk Simak!

Beri batas ruang yang jelas

Beberapa jenis apartemen memiliki layout berupa satu ruangan besar yang dapat dibagi-bagi menjadi beberapa area. Tak jarang, ketiadaan batas antarruangan dapat memberi kesan apartemen yang tidak tertata dan membuat penghuninya kewalahan.

Untuk mengatasinya, terapkan batas yang jelas untuk antarruangan. Tidak harus menggunakan sekat atau partisi, namun Anda juga bisa mengelompokkan furnitur-furnitur tertentu untuk menegaskan area tersebut akan digunakan untuk apa. Misalnya, penempatan sofa dan TV akan memberi kesan bahwa area tersebut akan digunakan sebagai ruang keluarga.

Gunakan furnitur yang multifungsi

Dengan luas apartemen yang kecil, keberadaan furnitur yang multifungsi bisa menghemat tempat dan membantu Anda memaksimalkan ruangan di dalam apartemen.

Contohnya, Anda dapat menggunakan sofa yang bisa dibuka menjadi tempat tidur atau nakas dengan rak penyimpanan. Pastikan furnitur yang Anda pilih memiliki ukuran yang sesuai sehingga tidak akan membuat apartemen terasa makin kecil.

Maksimalkan penyimpanan dengan arah vertikal

Selain menggunakan furnitur multifungsi, salah satu cara menghemat ruangan di apartemen adalah dengan memanfaatkan penyimpanan secara vertikal.

Anda dapat menggunakan rak tinggi atau rak ambalan yang dipasang ke dinding supaya tidak memakan ruang di lantai. Pilihlah tempat penyimpanan sesuai kebutuhan apartemen Anda supaya tetap nyaman digunakan dan dapat menunjang penampilan apartemen.

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Umum Menggunakan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Beri ilusi ruangan yang luas

Walaupun tinggal di apartemen yang kecil, ada trik-trik tertentu yang bisa Anda gunakan untuk membuat apartemen terasa luas dan lapang.

Pertama, gunakan warna-warna netral yang cerah seperti putih, cream, coklat muda, atau abu-abu muda pada permukaan dan furnitur. Lalu, manfaatkan pencahayaan alami dan tambahkan cermin pada dinding. Kombinasi warna cerah, pencahayaan alami, dan cermin dapat memberi kesan luas dan lapang pada apartemen Anda.

Rajin merapikan apartemen

Tips yang terakhir ini memang sepele, tapi sangat berpengaruh dalam memberi kesan luas atau kecil pada suatu ruangan.

Apartemen yang penuh dengan barang-barang atau dekorasi akan membuat ruangan terasa sumpek. Sebaliknya, apartemen yang ditata dan didekorasi secukupnya akan memberi kesan lega. Jadi, luangkan waktu untuk membersihkan dan merapikan apartemen secara rutin.

Selanjutnya: 4 Ide Dekorasi Rumah Warna Biru dan Kuning yang Eyecatching

Editor: Kania Paramahita
Terbaru