Ini 5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang, Saat Membersihkan Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 15 September 2021 | 14:15 WIB
Ini 5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang, Saat Membersihkan Rumah

ILUSTRASI. Berikut beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan saat membersihkan rumah. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap penghuni rumah. mulai dari menyapu dan mengepel lantai, mengelap furnitur, hingga membersihkan noda-noda di rumah.

Namun, saat membersihkan rumah, adakalanya kita melakukan kesalahan-kesalahan kecil. Walaupun terkesan kecil, kesalahan-kesalahan ini tidak boleh disepelekan. Pasalnya, jika terus-menerus dilakukan, kegiatan membersihkan rumah tidak akan maksimal seperti seharusnya.

Dikutip dari Real Simple, Choice Australia, dan The Spruce, berikut ini beberapa kesalahan umum saat membersihkan rumah yang mungkin pernah Anda lakukan secara tidak sadar.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Alat Pel Model Spray Mop, Mengepel Lantai Makin Mudah!

Menunda-nunda membersihkan noda

Saat ada noda, ceceran benda, atau tumpahan cairan di rumah, kadang rasanya malas sekali untuk mengambil peralatan tertentu untuk membersihkannya. Keinginan untuk menunda memang wajar, tapi kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk bila terus-menerus dilakukan.

Jika tidak segera dibersihkan, hal-hal tersebut dapat meninggalkan bekas atau bau tidak sedap yang sulit dihilangkan nantinya. Jadi, Anda malah harus bekerja lebih keras untuk mengatasi bekas atau bau tersebut dibandingkan saat noda atau ceceran baru saja terjadi.

Tidak merendam peralatan makan sebelum mencucinya

Jika Anda termasuk tipe yang suka menumpuk cucian piring, ada baiknya Anda merendam peralatan makan dan peralatan masak dengan air sebelum mencucinya nanti.

Pasalnya, tidak jarang ada bekas-bekas lengket seperti sisa saus atau bumbu yang masih menempel di dasar piring dan panci, sehingga air dapat “melembutkan” bekas tersebut dan memudahkan Anda saat mencuci. Jika dibiarkan begitu saja, bekas tersebut bisa mengeras dan menyebabkan Anda harus bekerja ekstra untuk menyingkirkan bekas-bekas lengket tersebut.

Membersihkan dengan arah yang salah

Membersihkan rumah dengan arah yang tepat adalah salah satu hal yang penting dilakukan supaya kegiatan bersih-bersih Anda menjadi maksimal dan Anda tidak harus bolak-balik membersihkan area yang sama.

Contohnya, Anda dapat membersihkan jendela atau furnitur dari atas ke bawah supaya sisa kotoran yang terjatuh ke bawah dapat dibersihkan dengan mudah. Bila dibersihkan dari bawah ke atas, kotoran dari bagian atas dapat terjatuh kembali sehingga Anda harus kembali membersihkan bagian bawah.

Baca Juga: Mau Beli Vacuum Cleaner Portable? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Tidak mengganti alat kebersihan secara rutin

Saat membersihkan rumah, alat yang Anda gunakan sudah pasti akan kotor atau rusak sehingga butuh diganti secara rutin. Kenyataannya, banyak orang yang masih menggunakan alat seperti lap atau spons yang sudah kotor atau rusak tanpa menggantinya.

Padahal, kebiasaan tersebut malah akan membuat permukaan yang dibersihkan semakin kotor. Tak hanya itu, bakteri dan kotoran yang terkumpul pada alat tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda dan penghuni rumah yang lainnya.

Tidak membersihkan alat yang kotor

Saat menggunakan alat kebersihan seperti vacuum cleaner atau mesin cuci, tak jarang orang-orang abai dengan kebersihannya. Sebagai barang yang digunakan untuk bersih-bersih, tentu banyak kotoran yang berkumpul di alat tersebut dan merugikan Anda.

Contohnya, kotoran dan debu yang terkumpul di tangki debu vacuum cleaner dapat menghambat proses bersih-bersih dan menghambat kinerja mesinnya. Mesin cuci yang dibiarkan lembap dan kotor juga dapat mengundang jamur dan bau tidak sedap, sehingga pakaian akan sulit bersih dengan sempurna. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan peralatan kebersihan secara rutin.

Nah, itulah beberapa contoh kesalahan yang umum dilakukan saat membersihkan rumah. Jika Anda pernah melakukan salah satu dari kelima hal di atas, segera hentikan ya!

Selanjutnya: Tips dan Trik Mendekorasi Rak Buku yang Keren dan Instagrammable, Yuk Simak!

Editor: Kania Paramahita
Terbaru