HOME, Keluarga

Inspirasi Penggunaan Makrame untuk Dekorasi Rumah, Tampil Estetik dalam Sekejap

Inspirasi Penggunaan Makrame untuk Dekorasi Rumah, Tampil Estetik dalam Sekejap

MOMSMONEY.ID - Belakangan ini, mungkin Anda pernah melihat dekorasi berupa hiasan gantung yang terbuat dari jalinan tali. Nah, dekorasi ini disebut sebagai makrame.

Dilansir dari The Spruce Craft, makrame atau macrame adalah kerajinan berupa tekstil yang dibuat dari jalinan dan ikatan tali, sehingga membentuk motif atau pola tertentu. Setiap ikatan ini dibuat langsung secara manual dengan tangan. Teknik ini juga bisa digabungkan dengan teknik anyam atau rajut.

Kerajinan makrame belakangan ini banyak diburu sebagai dekorasi rumah. Bentuknya pun sangat beragam: mulai dari hiasan dinding, gantungan rak, hingga gantungan pot tanaman hias. Makrame bisa menambah nilai estetika pada suatu ruangan.

Penasaran dengan penggunaan makrame sebagai dekorasi rumah? Yuk, tengok inspirasinya di sini!

Baca Juga: Suka Nonton Squid Game? Yuk, Contek Palet Warnanya untuk Interior Rumah!

Mempermanis kamar tidur

Makrame banyak digunakan pada kamar tidur, khususnya kamar tidur anak dan remaja perempuan. Biasanya, makrame digantung pada bagian kepala tempat tidur untuk menciptakan kesan tempat tidur yang estetik khas hipster.

Contohnya seperti tempat tidur di atas. Walaupun menggunakan teknik yang simpel, makrame tersebut dapat membuat tampilan tempat tidur makin cantik. Tali makrame yang terkesan natural juga sangat cocok dipadukan dengan elemen kayu dan bambu pada dekorasi kamar.

Menambah tekstur di ruang keluarga

Selain kamar tidur, dinding ruang keluarga juga kerap dipasangi makrame untuk menambah kesan estetik. Karena ruang keluarga cenderung lebih besar dari ruangan biasa, pilihlah makrame dengan ukuran yang lebih besar pula.

Seperti ruang keluarga di atas, makrame berukuran besar dapat menutupi kesan polos pada dinding berwarna putih. Tak hanya itu, kehadiran makrame dengan jalinan tali yang sederhana dapat menambah tekstur visual yang memanjakan mata penghuni rumah.

Baca Juga: Rumah Baru Masih Kosong? Ini Dia Perabotan Rumah Tangga yang Wajib Anda Miliki

Menghiasi dinding polos

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Heidi (@theheidibautista)

Salah satu cara untuk mengakali dinding yang terlihat polos adalah dengan menggunakan hiasan dinding seperti makrame. Jika dinding rumah Anda berwarna netral, Anda bebas menggunakan makrame berwarna apapun.

Interior rumah di atas menggunakan makrame berwarna putih tulang atau krem yang terlihat membaur dengan dinding di belakangnya. Walaupun begitu, kehadiran makrame tetap menghadirkan tekstur unik pada dinding yang polos.

Melengkapi kesan nyaman

Di ruangan yang didominasi warna earthy dan hangat, menambahkan makrame sebagai hiasan dinding merupakan ide yang baik. Sebab, makrame umumnya terbuat dari tali katun yang alami dan memiliki warna-warna hangat.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas. Menggunakan warna-warna hangat seperti coklat dan kuning, kehadiran makrame berwarna coklat muda makin melengkapi palet warnanya. Selain itu, tekstur pada makrame juga menambah rasa cozy pada ruang keluarga yang dilengkapi bantal, selimut, dan karpet.

Selanjutnya: Lucu dan Bikin Nyaman, Berikut Inspirasi Desain Tempat Tidur untuk Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News