HOME, Keluarga

Inspirasi Penggunaan Lantai Kayu untuk Beragam Gaya Interior

Inspirasi Penggunaan Lantai Kayu untuk Beragam Gaya Interior

MOMSMONEY.ID - Lantai kayu merupakan salah satu pilihan lantai yang sangat populer. Tak hanya cantik secara estetika, namun lantai kayu juga dapat memberi kesan hangat dan natural di dalam rumah.

Karena termasuk material yang sangat versatile atau fleksibel, Anda bisa menggunakan lantai kayu untuk berbagai gaya interior, mulai dari gaya minimalis, industrial, farmhouse, hingga Japandi.

Berikut ini ada beberapa contoh penggunaan lantai kayu untuk beragam gaya interior, sehingga Anda bisa memilih mana yang kelihatannya cocok untuk rumah Anda. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: Jenis-Jenis Lantai untuk Interior Rumah, Jangan Salah Pilih!

Kayu solid yang klasik dan hangat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MiMaMeise ߌ‘ (@mimameise)

Panel kayu solid merupakan pilihan material lantai kayu yang klasik. Warnanya dan desainnya yang khas dapat memberi kesan ruangan yang vintage dan homey.

Ruang keluarga di atas menggunakan lantai kayu untuk melengkapi kesan minimalis di dalam ruangan. Gunakan warna putih atau warna netral lainnya sebagai warna dasar pada dinding, lalu tambahkan furnitur dengan warna natural yang senada dengan kayu.

Supaya kombinasi warnanya tidak monoton, pemilik rumah memberikan aksen warna yang mencolok melalui penggunaan sofa berwarna biru dan tanaman hias berwarna hijau yang segar.

Kayu terang untuk kesan minimalis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dinesen (@dinesen)

Jika Anda ingin menggunakan lantai kayu namun tidak menyukai kesan hangatnya, coba gunakan warna yang terkesan dingin seperti warna putih.

Ruang keluarga pada gambar di atas menggunakan lantai kayu dengan warna putih yang terlihat minimalis. Penggunaan warna putih pada lantai kayu pun melengkapi penampilan ruangan yang didominasi warna putih, hanya ditambah sedikit aksen lewat warna gelap pada meja dan bantal sofa.

Selain terlihat minimalis, perpaduan warna putih pada lantai dan dinding pun menghasilkan kesan ruangan yang lapang dan cerah.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Makan Gaya Japandi, Suasana Makin Hangat dan Santai

Kayu gelap yang kalem

Berkebalikan dengan ruangan sebelumnya, penggunaan lantai kayu berwarna gelap bisa memberi kontras yang unik di ruangan yang didominasi warna putih.

Supaya interior rumah terlihat kalem, pilihlah lantai kayu dengan warna coklat tua yang terkesan dingin seperti pada gambar di atas. Anda bisa memilih menggunakan lantai kayu parket biasa atau menggunakan lantai vinyl yang lebih terjangkau.

Kombinasikan dengan warna-warna terang pada dinding dan furnitur supaya ruangan tidak makin suram. Anda tidak harus menggunakan warna putih, tapi cobalah untuk bereksperimen dengan warna netral yang dingin seperti coklat muda keabu-abuan.

Pola herringbone yang unik 

Lantai kayu biasanya memiliki pola garis-garis sejajar yang terlihat minimalis. Namun bagi sebagian orang, pola garis-garis yang lurus bisa saja terasa datar dan membosankan.

Solusinya, cobalah menggunakan lantai kayu dengan pola yang sedikit berbeda namun tetap terlihat minimalis. Contohnya seperti lantai kayu berpola herringbone atau tulang ikan seperti gambar di atas.

Lantai kayu dengan pola herringbone bisa menjadi daya tarik yang unik di ruangan. Pilihlah lantai kayu dengan warna coklat yang klasik sehingga ruangan tetap terlihat minimalis dan elegan. Jangan lupa untuk memberi furnitur dan pernak-pernik dengan warna senada.

Selanjutnya: Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Industrial yang Tetap Cozy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News