HOME, Keluarga

Inspirasi Kamar Mandi Gaya Japandi, Mandi Makin Tenang dan Nyaman

Inspirasi Kamar Mandi Gaya Japandi, Mandi Makin Tenang dan Nyaman

MOMSMONEY.ID - Interior rumah bergaya Japandi menekankan pada dekorasi ruangan yang simpel dan menimbulkan kesan kalem dan tenang. Jadi, masuk akal bila gaya ini diterapkan pada interior kamar mandi.

Hampir sama seperti gaya minimalis, Anda perlu memastikan bahwa kamar mandi Anda didesain sedemikian rupa sehingga terlihat sederhana, namun tetap fungsional. Desain yang sederhana dan fungsional tentu akan memudahkan penghuni rumah dalam menggunakan kamar mandi.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh kamar mandi yang didesain dengan gaya Japandi yang bisa Anda jadikan inspirasi. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: Inspirasi Desain Unik Bathtub, Membuat Kamar Mandi Tampil Beda

Bathtub kayu yang sederhana

Jika bathtub pada umumnya terbuat dari akrilik atau marmer, bathtub pada kamar mandi ini terbuat dari kayu sehingga terlihat unik dan khas Jepang. Bentuknya yang kotak persegi sempurna membuat bathtub ini muat untuk menampung lebih dari satu orang.

Supaya suasana Japandi makin terasa, gunakan perpaduan material alam seperti batu atau kayu pada kamar mandi. Pada gambar kamar mandi di atas, lantai dan langit-langitnya didominasi kayu, sedangkan permukaan tembok dilapisi dengan batu. Jika ada keterbatasan biaya, tembok semen halus atau keramik warna abu-abu juga dapat memberikan kesan kalem yang sama.

Jangan lupa untuk memperhatikan aspek pencahayaan di dalam kamar mandi supaya tidak terasa suram. Anda bisa menggunakan skylight pada bagian atap kamar mandi sehingga cahaya alami bisa masuk sebanyak-banyaknya ke dalam ruangan.

Perpaduan semen dan kayu

Seringkali, tembok semen halus yang dibiarkan apa adanya memberikan kesan interior ruangan yang belum sempurna. Ketidaksempurnaan tersebut justru menjadi salah satu kunci utama dalam mendekorasi interior ruangan bergaya Japandi.

Kamar mandi di atas menggunakan tembok dan lantai semen halus yang dibiarkan apa adanya. Untuk melengkapinya, ada furnitur dan pernak-pernik dari kayu dengan warna coklat tua yang dingin. Perpaduan warna abu-abu dari semen dan warna coklat tua dari kayu menghadirkan kesan dingin dan kalem di dalam kamar mandi.

Supaya kamar mandi tidak terasa suram, optimalkan pencahayaan di dalamnya. Anda bisa menggunakan jendela atau skylight untuk memasukkan cahaya alami, atau menggunakan lampu dengan cahaya warm white yang terlihat nyaman.

Baca Juga: 4 Inspirasi Kamar Mandi Monokrom yang Minimalis dan Unik

Warna hitam yang elegan

Biasanya, gaya Japandi identik dengan warna-warna netral yang terang seperti putih dan coklat muda. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan warna gelap yang pekat seperti warna hitam di dalam kamar mandi bergaya Japandi.

Kamar mandi di atas mengadaptasi gaya Japandi, namun menggunakan palet warna coklat dan hitam yang tetap terlihat minimalis. Warna hitam didapatkan dari keramik dan bathtub, sedangkan warna coklat berasal dari material kayu yang digunakan pada dinding kamar mandi.

Penggunaan warna-warna gelap tentu berpotensi membuat kamar mandi terasa makin gelap dan sesak. Solusinya, manfaatkan pencahayaan alami dari luar dengan menggunakan jendela besar. Tambahkan juga lampu dengan cahaya warm white untuk kesan intim di dalam kamar mandi.

Panel kayu yang hangat

Gaya Japandi lekat dengan penggunaan material kayu berwarna terang yang dipadukan dengan warna netral seperti putih atau abu-abu muda untuk kesan ruangan yang bersih.

Kamar mandi di atas menggunakan panel kayu ramping minimalis yang dipasang pada satu sisi dinding yang menempel pada bathtub dan tembok batu atau semen pada sisi dinding lainnya. Walaupun tidak digunakan pada seluruh sisi dinding, kesan Japandi yang minimalis masih tetap terasa dengan keberadaan panel kayu sebagai aksen.

Untuk menyeimbangkan warna-warna terang pada kamar mandi, gunakan warna hitam yang pekat sebagai aksen pada pernak-pernik kamar mandi, misalnya keran, rak, rangka bathtub, dan lampu. Gunakan lampu dengan warna hangat untuk kesan kamar mandi yang makin nyaman.

Selanjutnya: Bosan dengan Gaya Minimalis? Yuk, Coba Bohemian Style untuk Interior Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News