HOME, Keluarga

Inspirasi Desain Tangga Minimalis yang Sederhana dan Estetik

Inspirasi Desain Tangga Minimalis yang Sederhana dan Estetik

MOMSMONEY.ID - Keberadaan tangga merupakan salah satu hal penting untuk mengakses lantai atas dan bawah di dalam hunian bertingkat.

Karena tangga merupakan area yang selalu dilalui penghuni rumah, maka desainnya harus diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan penghuni rumah saat melewati tangga.

Selain masalah fungsionalitas, masalah estetika tangga juga harus diperhatikan. Karena rumah-rumah modern saat ini banyak menggunakan gaya interior yang minimalis, maka tangga juga harus terlihat minimalis supaya terlihat serasi.

Berikut ini ada beberapa contoh desain tangga minimalis yang estetik dan dapat melengkapi penampilan rumah Anda. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Alat Pel Model Spray Mop, Mengepel Lantai Makin Mudah!

Tangga melayang yang sederhana

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by GATZA Co. (@modernstairsusa)

Tangga melayang biasa disebut sebagai cantilever stairs atau floating stairs. Tangga jenis ini biasanya terdiri dari susunan balok kayu yang dipasangi semacam penahan pada bagian bawah anak tangga yang menempel pada dinding supaya kuat menahan beban pijakan orang di atasnya.

Interior rumah di atas menggunakan tangga melayang berwarna coklat kayu yang simpel dan minimalis dengan pegangan yang berwarna sama.

Untuk keamanan, pemiliknya menambahkan pagar pengaman dari kaca. Keberadaan kaca yang tembus pandang pun dapat menegaskan kesan minimalis pada tangga.

Warna monokrom

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Emma (@abbotstreethome)

Warna monokrom lazim digunakan pada interior rumah minimalis, jadi Anda bisa menggunakan warna tersebut untuk menciptakan kesan tangga yang simpel.

Tangga pada gambar di atas menggunakan warna abu-abu kecoklatan pada anak tangga yang dipadukan dengan pinggiran berwarna hitam.

Partisi minimalis yang dipasang pada sisi tangga pun berfungsi ganda sebagai pemisah tangga dan ruangan serta memberi pengamanan ketika naik-turun tangga.

Minimalis tanpa pegangan

Jika Anda menginginkan tangga minimalis tanpa pegangan, pastikan desainnya aman dan nyaman saat digunakan. Namun, Anda sebaiknya menghindari tangga jenis ini jika ada anak-anak di rumah supaya risiko kecelakaan atau terjatuh saat naik-turun tangga dapat diminimalisir.

Interior rumah di atas menggunakan tangga dengan permukaan kayu yang minimalis. Desain tangga juga dibiarkan apa adanya tanpa keberadaan pegangan atau alas karpet. Jangan lupa untuk menggunakan warna-warna netral supaya tangga makin terlihat minimalis.

Baca Juga: 4 Inspirasi Ruang Makan Bergaya Industrial, Hangat dan Terbuka

Tangga putar yang elegan

Tangga putar atau spiral stairs identik dengan kesan elegan karena bentuknya yang melingkar, sehingga menambah daya tarik ruangan. Tangga jenis ini pun bisa didesain minimalis sehingga terlihat serasi dengan interior ruangan.

Tangga putar pada gambar di atas memiliki rangka yang terbuat dari besi berwarna hitam dengan anak tangga berwarna coklat terang yang simpel.

Perpaduan warna netral dengan desain yang sederhana pun menciptakan kesan tangga minimalis yang elegan.

Desain klasik yang tetap minimalis

Menyukai desain tangga standar dengan pegangan dan pengaman di kanan-kirinya? Tenang saja, Anda tetap bisa menggunakan desain yang minimalis, kok.

Contohnya seperti tangga di atas yang terlihat klasik dan standar dengan keberadaan pegangan dan pengaman di kanan-kirinya. Baik pegangan maupun pengaman pada tangga memiliki desain ramping dan bersih yang simpel.

Jangan lupa untuk menggunakan material kayu dengan warna netral pada anak tangga dan pegangannya untuk memperkuat kesan minimalis.

Selanjutnya: 5 Ide Keramik Dinding Dapur yang Minimalis dan Cantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News