HOME, Keluarga

4 Inspirasi Ruang Makan Bergaya Industrial, Hangat dan Terbuka

4 Inspirasi Ruang Makan Bergaya Industrial, Hangat dan Terbuka

MOMSMONEY.ID - Di samping gaya minimalis, interior bergaya industrial cukup populer dan banyak diaplikasikan pada rumah atau kafe.

Gaya industrial memiliki keunikannya sendiri, yaitu penampilan interior ruangan yang terkesan apa adanya dan “belum selesai”. Walaupun terlihat seperti bangunan yang belum jadi, gaya ini bisa terlihat estetik dan menarik dengan penataan yang tepat.

Jika Anda sedang mencari inspirasi desain interior untuk rumah Anda, gaya industrial bisa dijadikan pilihan yang menarik. Tak hanya pada dapur, ruang keluarga, atau kamar tidur, gaya industrial juga bisa diaplikasikan pada ruang makan seperti beberapa contoh di bawah ini.

Yuk, tengok beberapa contoh ruang makan bergaya industrial di bawah ini!

Baca Juga: 4 Dekorasi Rumah dengan Bohemian Style, Rumah Makin Ceria dan Meriah

Dinding bata yang klasik

Penggunaan dinding bata ekspos merupakan salah satu cara klasik untuk memberikan kesan industrial yang estetik dan hangat pada suatu ruangan. Anda tidak harus menggunakan dinding bata asli dan bisa menggunakan wallpaper motif bata sebagai alternatifnya.

Untuk memperkuat kesan industrial Anda bisa menggunakan meja dan kursi berbahan kayu dan besi dengan warna coklat dan hitam khas industrial. Lalu, gunakan pernak-pernik seperti dekorasi dan kap lampu yang senada dengan tema ruang makan.

Terakhir, jangan lupakan faktor pencahayaan untuk mencerahkan ruangan. Anda bisa menggunakan pencahayaan alami atau memanfaatkan lampu ruangan.

Furnitur antik yang serasi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Oldwoodwonen (@oldwoodwonen)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, interior bergaya industrial memberi kesan ruangan yang “belum selesai”, sehingga bisa terlihat kasar dan apa adanya.

Untuk memberikan kesan industrial yang estetik, coba gunakan furnitur-furnitur yang terlihat kuno dan antik, namun tetap minimalis dan serasi bila dipasangkan.

 Contohnya seperti ruang makan di atas yang menggunakan meja kayu yang warnanya mulai pudar dan kursi kayu dengan warna hijau yang mencolok. Walaupun terlihat tidak nyambung, perpaduan material kayu dengan warna tersebut membuat kesan industrial yang antik sangat terasa.

Baca Juga: Ide Penggunaan Lantai Semen untuk Interior Rumah, Adem dan Homey

Ruangan terbuka yang nyaman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Emeline (@m.line_homedeco)

Rumah bergaya industrial biasanya menggunakan konsep ruangan terbuka, yaitu satu ruangan besar dan luas yang digunakan untuk berbagai area, misalnya dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Jadi, gaya interior ini cocok bagi Anda yang memiliki rumah yang luas dengan konsep terbuka.

Contohnya seperti ruang makan di atas yang memiliki konsep terbuka dan menyatu dengan dapur tanpa sekat yang membatasi dua area tersebut. Ketiadaan sekat di rumah dapat menciptakan kesan ruangan lapang dan terbuka yang sesuai dengan prinsip gaya industrial.

Untuk memperkuat kesan industrial, Anda dapat menggunakan furnitur dengan bahan utama kayu. Gunakan warna-warna netral seperti coklat dan hitam, lalu tambahkan pernak-pernik khas industrial seperti lampu pijar atau lampu bohlam dengan kabel yang terekspos seperti pada gambar di atas.

Kombinasi gaya minimalis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lauraߤ (@assalveshome)

Jika Anda kurang menyukai interior gaya industrial yang terkesan kasar, tidak ada salahnya untuk menggabungkan gaya ini dengan gaya minimalis untuk menciptakan ruangan yang terlihat elegan.

Ruang makan di atas menggunakan gaya minimalis, namun Anda tetap bisa merasakan sentuhan industrial lewat penggunaan furnitur dan pernak-perniknya.

Meja dan kursi pada ruang makan tersebut menggunakan meja dan kursi dengan desain minimalis, tapi bahan yang digunakan sangat khas industrial, yaitu kayu dan besi dengan finishing natural. Perpaduan warna coklat dari kayu dan warna hitam dari besi pun semakin memperkuat kesan industrial pada ruang makan yang minimalis ini.

Selanjutnya: Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Bohemian Style, Cantik ala Pinterest!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News