HOME, Keluarga

Inspirasi Desain Ruang Makan Minimalis, Makan Bersama jadi Menyenangkan!

Inspirasi Desain Ruang Makan Minimalis, Makan Bersama jadi Menyenangkan!

MOMSMONEY.ID - Ruang makan termasuk salah satu area penting di dalam rumah. Selain digunakan untuk makan, ruang makan seringkali menjadi area kumpul keluarga. Maka, tidak heran bila ruang makan seharusnya didesain senyaman mungkin supaya kegiatan makan bersama jadi menyenangkan.

Untuk mendapatkan ruang makan yang terlihat nyaman, salah satu gaya interior yang banyak digunakan adalah gaya minimalis yang simpel dan tidak berlebihan. Anda pun tidak perlu repot-repot mendekorasi ruang makan dengan berbagai ornamen yang rumit.

Nah, jika Anda sedang mendesain ruang makan atau membutuhkan inspirasi ruang makan yang terlihat minimalis dan nyaman, coba intip beberapa contoh desain ruang makan di bawah ini.

Desainnya yang simpel juga akan memudahkan Anda untuk menirunya di rumah. Yuk, simak!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Akun Instagram untuk Referensi Dapur Minimalis

Furnitur simpel dan pencahayaan alami 

Ruangan minimalis seringkali menekankan pentingnya penggunaan material alam dan furnitur yang simpel. Nah, Anda dapat memaksimalkan kesan minimalis pada ruang makan Anda melalui penggunaan furnitur kayu dengan desain yang simpel seperti gambar ruang makan di ataa.

Lengkapi penampilan ruang makan yang minimalis dan alami dengan ornamen lampu yang terlihat natural dan jendela besar yang membantu cahaya matahari menerangi ruang makan dengan maksimal.

Meja bar untuk menghemat tempat 

Jika Anda tinggal di ruang sempit seperti  apartemen atau tinggal dengan sedikit orang, cobalah untuk menggabungkan dapur dan ruang makan untuk menghemat tempat.

Gambar di atas menunjukkan ruang makan yang digabungkan dengan dapur menggunakan meja panjang seperti bar.

Menggabungkan dua ruang seperti ini terasa fungsional dan hemat tempat karena Anda tidak perlu memenuhi ruangan dengan meja makan dan kursi terpisah. Prinsip minimalisme pun masih diterapkan dengan baik.

Baca Juga: Bikin Betah di Kamar, Ini Dia 5 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis

Area makan kecil yang fungsional 

Berbeda dengan ruang makan sebelumnya yang menggabungkan dapur dan ruang makan di area sempit, Anda tetap bisa menghadirkan ruang makan terpisah di rumah yang sempit. Kuncinya, gunakan perabotan dengan ukuran kecil seperti pada gambar di atas.

Pemilik rumah menggunakan meja makan dengan luas permukaan yang kecil sehingga tidak memakan tempat. Anda dapat memilih meja dengan bentuk apapun, namun permukaan meja yang berbentuk lingkaran membuat Anda lebih fleksibel dalam menambah kursi di ruang makan.

Meja makan marmer untuk kesan elegan 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dallas Bonds (@dallasbonds)

Walaupun ruang makan yang minimalis kerap dikaitkan dengan furnitur yang simpel dan tidak berlebihan, Anda tetap bisa menggunakan material yang terlihat elegan seperti marmer.

Kuncinya, gunakan meja marmer dengan desain yang sederhana seperti meja marmer bundar pada gambar di atas. Selain itu, gunakan kursi makan dengan desain yang simpel dan warna yang netral, namun tetap nyaman untuk diduduki.

Jangan lupa untuk memaksimalkan pencahayaan alami lewat jendela dan pintu rumah untuk kesan ruang makan yang hangat.

Nah, itulah beberapa contoh desain ruang makan minimalis yang terlihat simpel dan fungsional. Bagaimana, desain ruang makan yang ditampilkan di atas cukup menarik, bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Selanjutnya: Yuk, Follow Akun Instagram Jika Anda Pecinta Rumah Minimalis Skandinavia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News