HOME, Keluarga

Ini Cara Merawat Lantai Kayu yang Benar Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Ini Cara Merawat Lantai Kayu yang Benar Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

MOMSMONEY.ID - Kayu merupakan salah satu bahan penyusun lantai rumah yang banyak disukai karena tampilannya yang klasik dan mudah dipadukan dengan gaya interior apa saja.

Namun, lantai kayu juga memiliki kekurangannya tersendiri. Dikutip dari Home Stratosphere dan Homify, lantai kayu sangat rentan mengalami kerusakan karena berbagai faktor, mulai dari suhu, kelembapan, hingga goresan.

Jadi, penting bagi Anda untuk merawat lantai kayu supaya tidak mudah rusak. Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk merawat lantai kayu? Dilansir dari Direct Wood Flooring UK dan Architectural Digest, berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Jika Karpet Kotor

Sapu dan pel secara rutin

Jika kotoran dan debu dibiarkan begitu saja di lantai, kaki Anda bisa menginjak kotoran tersebut dan menyeretnya tanpa sengaja sehingga bisa menggores permukaan lantai kayu. Kotoran dan debu juga membuat lantai tampak kotor dan tidak menarik.

Jadi, Anda perlu menyapu dan mengepel lantai kayu secara rutin. Tambahkan dengan vacuum cleaner jika diperlukan untuk membersihkan lantai secara menyeluruh dari debu dan kotoran yang menumpuk.

Segera bersihkan cairan yang tumpah ke lantai

Karena berbahan alami dan memiliki serat-serat, lantai kayu rentan menyerap cairan dan kelembapan yang dapat menurunkan kualitas kayu itu sendiri. Cairan yang dibiarkan terlalu lama di atas lantai kayu juga dapat mengubah warna kayu sehingga membuat tampilannya tidak bagus.

Jadi, segera bersihkan segala macam cairan yang tumpah ke lantai kayu Anda. Gunakan kain lap yang lembut supaya permukaannya tidak menggores lantai kayu.

Jangan gunakan alat kebersihan yang abrasif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membersihkan lantai kayu dengan teliti sangat penting untuk menjaga penampilannya. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan alat kebersihan yang digunakan.

Karena lantai kayu rentan terhadap goresan dan gesekan, sebaiknya pilih alat kebersihan dengan permukaan yang lembut dan tidak bersifat abrasif pada permukaan lantai. Misalnya, pilihlah kain pel berbahan microfiber yang rata dan gunakan corong vacuum cleaner dengan sikat yang lembut.

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

Gunakan produk pembersih yang tepat

Selain menggunakan alat kebersihan yang tepat, produk pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan lantai kayu juga harus tepat. Gunakan produk kebersihan yang memang didesain untuk membersihkan lantai, misalnya cairan pel.

Jangan gunakan produk yang tidak sesuai, misalnya menggunakan produk pembersih furnitur untuk membersihkan lantai kayu. Selain formulanya yang tidak cocok, menggunakan produk yang salah bisa saja merusak permukaan dan serat-serat lantai kayu.

Jangan geser furnitur saat dipindahkan

Saat akan memindahkan furnitur di atas lantai kayu, Anda sebaiknya tidak menggeser furnitur di atas lantai kayu supaya tidak menggesek atau menggores permukaan lantainya. Cukup angkat furnitur dan letakkan dengan hati-hati jika ingin dipindahkan.

Anda juga bisa menggunakan bantalan khusus yang bisa ditempelkan di bawah furnitur, supaya lantai kayu terlindungi dari gesekan jika jika furnitur tergeser secara tidak sengaja.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya lantai kayu tetap terawat dan terjaga keawetannya. Intinya, hindarkan lantai kayu di rumah Anda dari cairan, kelembapan, dan gesekan. Lantai kayu di rumah Anda pun akan selalu mulus dan tampil cantik!

Selanjutnya: 6 Tips Memaksimalkan Ruang di Kamar Tidur Sempit, Bikin Lega dan Nyaman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News