HOME, Keluarga

Hati-Hati, Ini 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Jika Karpet Kotor

Hati-Hati, Ini 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Jika Karpet Kotor

MOMSMONEY.ID - Karpet merupakan salah satu barang yang keberadaannya cukup fungsional di rumah. Selain untuk mempercantik rumah, karpet juga dapat melindungi penghuni rumah supaya tidak langsung bersentuhan dengan lantai yang dingin.

Namun, karpet yang dibiarkan begitu saja dalam waktu lama bisa berakibat buruk bagi Anda dan penghuni rumah lainnya. Pasalnya, jika karpet dibiarkan kotor tanpa pernah dibersihkan, debu dan kotoran bisa menumpuk di permukaannya dan mengancam kesehatan Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa risikonya jika karpet di rumah dibiarkan kotor. Dilansir dari Makespace dan Connect2Local, berikut masalah kesehatan yang dapat muncul jika karpet kotor.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner yang Ampuh Basmi Tungau, Kasur Ekstra Bersih

Alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap debu, sebaiknya jangan biarkan karpet di rumah kotor. Pasalnya, partikel udara seperti debu yang terkumpul di karpet bisa terhirup dan memicu reaksi alergi, seperti batuk dan bersin-bersin. Reaksi alergi ini dapat muncul bahkan setelah karpet selesai dibersihkan, jadi Anda perlu berhati-hati.

Gangguan pernapasan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, debu dan kotoran yang menumpuk di karpet bisa memicu gangguan pernapasan seperti asma. Bahkan, jika tidak dibersihkan dengan benar, karpet yang kotor bisa menurunkan kualitas udara di dalam rumah dan memperparah gangguan pernapasan yang Anda miliki.

Iritasi kulit

Selain alergi dan gangguan pernapasan, karpet yang kotor juga dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit, mulai dari iritasi, gatal-gatal, eksim, dan lain-lain. Oleh karena itu, jika karpet di rumah Anda kotor, hindari duduk atau tidur di atasnya untuk mencegah risiko iritasi kulit dan bersihkan karpet dengan segera.

Baca Juga: Mengenal Interior Gaya Retro yang Stylish dan Penuh Nostalgia

Sakit perut

Jangan salah, karpet yang kotor juga dapat menyebabkan gangguan pada perut Anda. Karpet yang kotor dan lembap dapat memicu munculnya jamur, yang memproduksi komponen bernama mycotoxin dan menyebabkan gangguan seperti gastroentritis.

Penyakit akibat hewan

Selain membuat kotor, sisa makanan yang tertinggal pada karpet dapat mengundang hewan yang merugikan seperti tikus dan kecoa. Dilansir dari Healthline, kedua hewan ini memang dikenal kotor dan dapat membawa penyakit yang dapat merugikan Anda, seperti diare, salmonella, hingga disentri.

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul akibat karpet yang kotor. Jadi, jangan lalai untuk membersihkan karpet secara rutin, ya. Rumah bersih, kesehatan pun terjamin!

Selanjutnya: Alat Rumah Tangga Untuk Menghadapi Musim Hujan, Wajib Punya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News