CLOSE [X]
ads

Alat Rumah Tangga Untuk Menghadapi Musim Hujan, Wajib Punya!

Reporter: Kania Paramahita
Selasa, 16 November 2021 | 12:09 WIB
Alat Rumah Tangga Untuk Menghadapi Musim Hujan, Wajib Punya!

ILUSTRASI. Berikut alat-alat rumah tangga yang wajib Anda miliki untuk menghadapi musim hujan.


MOMSMONEY.ID - Musim hujan memang mendatangkan beberapa hal positif, seperti hawa sejuk yang terasa nyaman dan menenangkan.

Namun, di sisi lain, musim hujan juga membawa hal-hal yang merepotkan, mulai dari banjir, listrik padam, nyamuk yang bermunculan, dan udara yang lembap.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menyiapkan alat-alat yang bisa diandalkan untuk menghadapi musim hujan.

Nah, alat rumah tangga apa saja yang kira-kira diperlukan untuk menghadapi musim hujan? Dilansir dari SO City dan Desi Dime, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 7 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Hujan, Yuk Waspadai

Alat kebersihan

Musim hujan rentan dengan kehadiran banjir, genangan air, dan kotoran, sehingga alat kebersihan yang lengkap wajib Anda miliki di rumah. Beberapa alat kebersihan yang perlu Anda miliki misalnya sikat atau serok karet (squeege), kain pel berdaya serap tinggi, sapu lidi, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Alat pengering darurat

Musim hujan juga identik dengan barang-barang yang tidak kunjung kering, seperti cucian pakaian dan sepatu basah. Untuk mengatasi masalah ini, lengkapi rumah Anda dengan alat-alat yang bisa digunakan sebagai alat pengering darurat, misalnya kipas angin, pengering rambut, dan setrika uap.

Pengusir nyamuk

Salah satu masalah yang mengintai saat musim hujan adalah keberadaan nyamuk yang berkembang biak di genangan air dan membawa beragam penyakit. Oleh karena itu, selain menutup tempat-tempat yang berpotensi menjadi genangan air, Anda bisa membekali diri dengan alat pengusir atau pembasmi nyamuk, seperti obat nyamuk bakar, perangkap nyamuk elektrik, hingga raket nyamuk.

Baca Juga: Waspada, 8 Hewan Ini Sering Muncul di Rumah Saat Musim Hujan

Payung dan jas hujan

Dua barang yang satu ini hukumnya wajib dimiliki saat musim hujan. Fungsinya jelas, yaitu untuk membantu melindungi diri dari guyuran hujan supaya tidak mudah basah kuyup. Anda bisa memilih model payung dan jas hujan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Jika ingin, Anda juga bisa menambahkan sandal atau sepatu karet yang anti-air.

Jemuran pakaian portabel

Jemuran yang lama kering dan harus dipindah-pindahkan saat musim hujan memang merepotkan, apalagi jika di dalam ruangan tidak ada tempat untuk menjemur pakaian. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan jemuran pakaian portabel yang bisa dilipat dan dipindah-pindahkan dengan mudah, termasuk ke dalam ruangan.

Lampu darurat

Terakhir, Anda bisa menyiapkan emergency lamp atau lampu darurat yang berguna untuk menerangi rumah saat listrik padam. Pastikan lampu darurat yang Anda gunakan memiliki baterai yang penuh dan cukup untuk menerangi rumah.

Itulah beberapa alat yang perlu Anda miliki untuk menghadapi musim hujan. Dengan alat-alat tersebut, musim hujan pun bukan masalah besar!

Selanjutnya: Tips Untuk Mencegah Bau Apek di Rumah Saat Musim Hujan, Mudah Dilakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER