HOME, Keluarga

6 Tips Memaksimalkan Ruang di Kamar Tidur Sempit, Bikin Lega dan Nyaman!

6 Tips Memaksimalkan Ruang di Kamar Tidur Sempit, Bikin Lega dan Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Salah satu masalah yang kerap dihadapi pemilik kamar sempit adalah suasana sesak dan penuh akibat banyaknya barang-barang di kamar.

Oleh karena itu, pemilik kamar tidur sempit harus pintar-pintar dalam mengelola dan memaksimalkan setiap ruang yang ada di kamar sempit. Jika ditata dengan benar, kamar tidur yang sempit bisa terasa lega dan nyaman.

Nah, bagaimana caranya memaksimalkan ruang di kamar tidur yang sempit? Dilansir dari Apartment Therapy dan Livingetc, berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Furnitur Bekas, Rumah Cantik Tanpa Biaya Mahal!

Gunakan nakas yang dipasang di dinding

Supaya tidak memakan tempat di lantai kamar tidur, Anda bisa menggunakan nakas dengan tipe wall-mounted atau tipe yang dipasang pada dinding. Atau, Anda bisa menggunakan rak ambalan sederhana yang dipasang di samping tempat tidur sehingga berfungsi sebagai nakas.

Dengan memasang nakas pada dinding, ada ruang kosong pada bagian bawahnya yang dapat memberi kesan ruangan lebih besar. Ruang kosong ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan barang-barang lain, seperti boks penyimpanan.

Gunakan lampu tidur yang dipasang di dinding

Hampir sama dengan poin sebelumnya, Anda bisa menggunakan lampu tidur yang dipasang di dinding supaya tidak memakan ruang di lantai dan memberi kesan sumpek. Pilihlah lampu dengan desain yang simpel dan minimalis, serta memiliki pencahayaan yang lembut untuk membantu Anda tidur dengan nyaman.

Manfaatkan furnitur yang multifungsi

Salah satu trik utama yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan ruang di kamar sempit adalah memanfaatkan furnitur yang multifungsi.

Misalnya, Anda bisa meletakkan meja di samping tempat tidur yang dapat berfungsi ganda sebagai nakas dan meja kerja. Atau, pasang rak ambalan yang memanjang pada satu sisi dinding sehingga dapat berfungsi sebagai meja dan tempat memajang dekorasi. Pilihlah furnitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda supaya tetap berfungsi dengan baik di kamar yang sempit.

Baca Juga: 4 Inspirasi Rumah dengan Dekorasi Retro, Perpaduan Gaya Klasik dan Modern yang Keren

Gunakan warna-warna simpel

Untuk memberi kesan lapang dan luas, Anda bisa menggunakan palet warna yang netral dan simpel pada kamar tidur yang sempit. Penggunaan warna netral dan simpel seperti putih, abu-abu, coklat, dan hitam bisa memberi kesan yang sederhana dan nyaman di kamar. Namun, jangan takut untuk menambah warna-warna cerah lainnya sebagai aksen yang menghidupkan suasana kamar.

Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur

Jika tempat tidur Anda memiliki ruang kosong di bagian kolongnya, coba manfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan, misalnya untuk aksesoris dan barang-barang kecil. Supaya terlihat rapi, Anda bisa menggunakan kotak-kotak penyimpanan dengan warna dan desain yang senada, lalu letakkan kotak tersebut di bawah kolong tempat tidur.

Bermain dengan warna pada furnitur

Untuk memberi kesan luas dan lapang di kamar tidur yang sempit, coba gunakan warna furnitur yang sama dengan warna dinding kamar, terutama untuk furnitur yang besar seperti lemari pakaian.

Warna furnitur yang sama dengan warna dinding kamar dapat memberi ilusi seolah-olah furnitur menyatu dengan dinding, sehingga kamar tidur yang sempit bisa lebih enak dipandang dan terlihat lebih luas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan ruang di kamar tidur sempit. Selamat mencoba!

Selanjutnya: 5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News