HOME, Keluarga

4 Inspirasi Rumah dengan Dekorasi Retro, Perpaduan Gaya Klasik dan Modern yang Keren

4 Inspirasi Rumah dengan Dekorasi Retro, Perpaduan Gaya Klasik dan Modern yang Keren

MOMSMONEY.ID - Dekorasi rumah dengan gaya retro cukup digemari di kalangan pecinta dekorasi bergaya klasik.

Menggunakan elemen-elemen dari tahun 1950-an dan 1970-an, gaya retro bisa menghadirkan kesan nostalgia yang klasik tanpa meninggalkan sisi kontemporer atau modern pada suatu rumah. Hasilnya, interior rumah yang keren pun tercipta.

Tertarik menggunakan gaya yang satu ini? Yuk, tengok dulu inspirasinya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Interior Gaya Retro yang Stylish dan Penuh Nostalgia

Perpaduan warna kalem yang eyecatching

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @rinkydinkretro

Dilansir dari Interiio Singapore, salah satu ciri khas dari rumah bergaya retro adalah penggunaan warna-warna yang muted atau kalem, sehingga tidak terlalu mencolok mata. Namun, alih-alih menggunakan warna pastel, gaya retro lebih mengutamakan penggunaan warna yang lebih berani, misalnya merah marun, kuning mustard, dan hijau olive.

Contoh penggunaan warna-warna tersebut bisa dilihat pada rumah yang mengusung gaya retro di atas. Dengan warna putih sebagai dasar pada dinding, keberadaan warna-warna seperti merah, pink, hijau, dan biru tua terlihat lebih “keluar” dan membuat ruangan terlihat eyecatching.

Sentuhan nostalgia yang klasik

Gaya retro menekankan penggunaan elemen-elemen klasik dari tahun 1950-an hingga 1970-an sebagai dekorasi rumah. Tidak harus terlihat antik atau kuno, yang penting adalah unsur nostalgia yang dihadirkan oleh dekorasi tersebut.

Interior rumah di atas menggabungkan furnitur yang minimalis dan modern dengan dekorasi klasik seperti piringan vinil dan pemutarnya untuk menghadirkan kesan retro yang cantik. Selain itu, penggunaan warna-warna yang cerah dan saling bertabrakan turut memperkuat kesan retro pada rumah tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Furnitur Bekas, Rumah Cantik Tanpa Biaya Mahal!

Hiasan dinding yang khas

Dekorasi bergaya retro seringkali menggunakan hiasan dinding berupa gambar-gambar dengan desain yang datar atau flat tanpa detail yang rumit. Gambar-gambar ini juga menggunakan warna khas gaya retro yang kalem tapi tetap terasa berani.

Contohnya seperti interior rumah di atas. Dengan penggunaan warna-warna kalem yang saling bertabrakan pada dinding dan furniturnya, kesan retro pada ruangan tersebut makin diperkuat oleh keberadaan hiasan dinding berupa lukisan yang khas.

Warna-warna mencolok yang keren

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @natl_from_the_block

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rumah bergaya retro kerap menggunakan warna kalem yang berani. Namun, tidak ada salahnya menggunakan sedikit warna yang sedikit mencolok dan vibrant untuk menghidupkan suasana rumah seperti gambar di atas.

Menggunakan warna kuning keemasan, dinding rumah di atas berpadu cantik dengan furnitur kayu minimalis di ruangan tersebut. Selain itu, perpaduan pola dan warna yang saling bertabrakan makin menambah kesan ceria yang keren.

Nah, itulah beberapa contoh interior rumah yang didekorasi dengan gaya retro. Bagaimana, rumah-rumah di atas tampil cantik dan eyecatching dengan gaya retro, kan? Makin mantap mencoba gaya yang satu ini?

Selanjutnya: Ini 5 Cara Supaya Microwave Awet Digunakan, Yuk Catat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News