HOME, Keluarga

Ini 5 Cara Supaya Microwave Awet Digunakan, Yuk Catat!

Ini 5 Cara Supaya Microwave Awet Digunakan, Yuk Catat!

MOMSMONEY.ID - Microwave adalah salah satu alat elektronik yang cukup banyak digunakan di rumah karena fungsinya yang praktis dan mudah dioperasikan.

Walaupun begitu, tetap saja Anda harus berhati-hati dalam menggunakan microwave karena alat ini rentan mengalami kerusakan dan dapat membahayakan keselamatan Anda di rumah.

Selain itu, jika Anda menggunakan microwave dengan benar, kualitasnya pun bisa tetap dipertahankan sehingga dapat awet hingga bertahun-tahun.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan supaya microwave tetap awet dan tahan lama? Dilansir dari Compact Appliances dan American Food and Drugs Association (FDA), berikut penjelasannya.

Baca Juga: Alat Rumah Tangga Untuk Menghadapi Musim Hujan, Wajib Punya!

Membersihkan microwave secara rutin

Membersihkan microwave secara rutin merupakan kunci untuk menjaga keawetannya. Jika Anda kerap meninggalkan ceceran makanan di dalam microwave, bekas makanan tersebut bisa mengeras dan mengganggu kinerja komponen pada microwave. Cukup lap bagian dalam microwave dengan kain yang dibasahi air dan sabun, lalu keringkan.

Menggunakan wadah makanan yang benar

Menggunakan wadah makanan yang tepat sangat penting untuk memastikan microwave tidak terbakar dan rusak. Hindari menggunakan wadah makanan yang terbuat dari alumunium foil, metal, emas, dan perak. Untuk memastikan keamanan wadah makanan yang Anda gunakan, periksa label pada wadah untuk melihat apakah wadah tersebut aman untuk microwave.

Membuka-tutup pintu microwave dengan lembut

Salah satu bagian microwave yang rentan rusak adalah pintunya karena orang-orang kerap membuka-tutup pintu dengan kasar. Jika pintu microwave rusak dan mulai longgar, hal ini cukup berbahaya karena dapat membuat microwave tidak tertutup sempurna dan membuat radiasi microwave bocor saat sedang digunakan. Jadi, mulai biasakan untuk membuka-tutup pintu microwave dengan lembut dan benar.

Baca Juga: Mengenal Interior Gaya Retro yang Stylish dan Penuh Nostalgia

Jangan mengoperasikan microwave saat kosong

Supaya microwave tetap awet, jangan pernah mengoperasikan microwave saat sedang kosong atau tidak ada apapun di dalamnya. Jika beroperasi saat kosong, gelombang radiasi yang dihasilkan oleh microwave akan terserap kembali oleh komponen di dalam microwave, sehingga berpotensi merusak kinerjanya.

Gunakan sesuai kapasitasnya

Umumnya, setiap microwave sudah didesain untuk menampung kapasitas atau beban tertentu di dalamnya. Jika Anda memasukkan makanan dengan volume yang melebihi kapasitas microwave, tentu komponen-komponen di dalam microwave akan bekerja lebih keras sehingga lebih mudah rusak. Selain itu, karena komponennya tidak bekerja dengan maksimal, makanan yang Anda masukkan tidak akan hangat atau matang secara merata.

Itulah 5 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keawetan microwave. Jika diperlakukan dengan benar, microwave akan awet dan Anda pun tidak perlu sering-sering menggantinya!

Selanjutnya: 6 Tips Membeli Furnitur Bekas, Rumah Cantik Tanpa Biaya Mahal!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News