HOME, Keluarga

5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

MOMSMONEY.ID - Jika Anda ingin menambahkan sentuhan warna yang cerah dan berani di ruang keluarga, coba pertimbangkan untuk menggunakan warna oranye.

Dilansir dari Very Well Mind, warna oranye memiliki kesan yang energik dan ceria, sehingga dapat membantu menghidupkan suasana di dalam ruang keluarga. Selain itu, warna yang satu ini identik dengan suasana matahari terbenam, musim gugur, dan buah jeruk, sehingga bisa memberi kesan hangat sekaligus segar.

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan warna oranye di ruang keluarga, yuk tengok dulu inspirasinya di bawah ini. Dengan penggunaan yang beragam, warna oranye bisa memberi kesan berbeda pada ruang keluarga!

Baca Juga: Ini 5 Cara Supaya Microwave Awet Digunakan, Yuk Catat!

Warna oranye sebagai aksen

Jika Anda tidak berani menggunakan warna oranye pada seluruh sisi dinding karena takut terkesan “panas”, coba gunakan sebagai aksen seperti pada ruang keluarga di atas.

Dengan warna putih sebagai warna dasar pada dinding, pemilik rumah mengecat sebagian sisi dinding dengan warna oranye kecoklatan yang hangat dan kontras dengan warna putih. Bentuknya yang setengah lingkaran juga dapat menjadi aksen ruangan yang eyecatching. Supaya tidak terlihat berlebihan, imbangi dengan warna netral lain seperti abu-abu.

Oranye peach yang manis

Salah satu cara untuk menggunakan warna oranye tanpa takut terlihat panas adalah dengan memilih warna oranye yang manis dan lebih kalem, misalnya warna terakota, peach, atau coral.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas. Dindingnya diberi warna oranye dengan kesan terakota dan peach yang manis dan segar, sehingga terlihat cantik dipandang. Supaya tidak terlalu mencolok, pemilik rumah menambahkan furnitur dengan warna netral, tapi tetap menambahkan dekorasi yang senada dengan warna dinding.

Nuansa oranye yang hangat

Untuk memaksimalkan kesan hangat dari dinding yang dicat berwarna oranye, coba gunakan perpaduan warna-warna yang senada pada furnitur dan dekorasi di ruang keluarga. Anda tidak harus menggunakan warna oranye, tapi coba warna lain seperti coklat atau terakota.

Ruang keluarga di atas menggunakan warna oranye yang polos dan hangat pada dindingnya. Untuk melengkapinya, furnitur dan pernak-pernik di ruangan tersebut menggunakan warna-warna yang hangat dan senada dengan oranye, misalnya krem, coklat tua, coklat muda, dan terakota. Warna gelap seperti hijau hadir sebagai penyeimbang yang menyegarkan.

Baca Juga: Mengenal Interior Gaya Retro yang Stylish dan Penuh Nostalgia

Sofa oranye yang mencolok

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BATH BESPOKE (@bathbespoke)

Selain melalui dinding, Anda juga bisa menghadirkan warna oranye pada ruang keluarga melalui penggunaan furnitur atau dekorasi dengan warna tersebut.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas. Di tengah ruangan yang didominasi warna putih bersih, keberadaan sofa berwarna oranye kecoklatan tampak menonjol dan menghidupkan ruangan. Warna oranye pada sofa juga berpadu baik dengan warna coklat yang hangat pada lantai, meja, dan furnitur lainnya.

Kombinasi oranye dan biru yang dinamis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Edgar Guth (@_designplease)

Ingin suasana ruang keluarga yang eyecatching dan dinamis? Coba padukan warna oranye dengan warna biru seperti ruang keluarga di atas.

Warna oranye dan biru merupakan pasangan warna komplementer yang dapat mengimbangi satu sama lain dan memberikan kesan dinamis pada ruangan. Anda bisa menggunakan furnitur berwarna oranye untuk melengkapi dinding berwarna biru seperti pada gambar, atau sebaliknya.

Selanjutnya: Hati-Hati, Ini 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Jika Karpet Kotor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News