ads

Ingin Produktivitas Meningkat? Jauhi 4 Kesalahan Ini Saat Menata Home Office

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 17 April 2022 | 12:55 WIB
Ingin Produktivitas Meningkat? Jauhi 4 Kesalahan Ini Saat Menata Home Office


MOMSMONEY.ID - Saat ini memang sudah banyak kantor yang kembali menerapkan kebijakan bekerja dari kantor atau WFO. Namun, nyatanya masih ada pekerja yang melakukan WFH alias work from home.

Untuk menunjang kegiatan WFH, terkadang orang-orang menyiapkan area khusus untuk bekerja yang dinamakan home office. Di area ini, kita bisa mengerjakan pekerjaan seperti biasa layaknya di kantor.

Supaya suasana bekerja makin produktif, area home office tentu perlu ditata dengan baik. Sayangnya, sama seperti mendekorasi rumah, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menata home office sehingga terasa tidak nyaman dan mengurangi produktivitas.

Baca Juga: Ada Kamar Kosong di Rumah? Manfaatkan dengan Cara Ini, Yuk!

Kesalahan apa sajakah yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Terlalu banyak dekorasi

Supaya tidak sepi, tak ada salahnya menghias home office dengan berbagai pernak-pernik dan dekorasi. Namun, Anda juga perlu berhati-hati supaya tidak memasang terlalu banyak hiasan di area ini.

Mengapa? Dikutip dari More Space Place, area home office yang dipasangi terlalu banyak hiasan atau dekorasi akan memberi kesan penuh dan sesak yang menghalangi produktivitas Anda. Di area kerja, produktivitas yang terhalang tentu merupakan hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi jumlah dekorasi atau hiasan yang Anda pasang di area home office. Anda bisa mencoba menggunakan gaya minimalis untuk menata area ini.

Menggunakan furnitur yang kurang nyaman

Meja dan kursi adalah dua furnitur yang wajib ada di area home office. Meja dan kursi kerja yang dipilih dengan baik akan membantu meningkatkan produktivitas Anda selama bekerja.

Dikutip dari MyDomaine, kriteria meja kerja yang baik adalah meja yang memiliki permukaan rata dan halus, serta memiliki dimensi yang cukup lega. Di sisi lain, pilihlah kursi kerja yang dapat menopang tubuh Anda dengan baik saat bekerja sehingga tidak mudah lelah.

Jadi, jangan asal memilih meja dan kursi karena dapat mengorbankan kenyamanan Anda saat bekerja. Pilihlah meja dan kursi yang dapat menunjang kebiasaan bekerja Anda.

Baca Juga: 7 Aksesoris untuk Melengkapi Home Office, Wajib Punya!

Tidak menyiapkan tempat penyimpanan barang

Sama seperti kantor biasa, adakalanya Anda membutuhkan tempat-tempat khusus untuk menyimpan barang seperti buku, kertas, alat tulis, hingga perangkat elektronik di area home office.

Jadi, unsur storage atau tempat penyimpanan barang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda mengabaikan pentingnya tempat penyimpanan, area home office Anda akan mudah terlihat berantakan sehingga mengurangi produktivitas.

Ada banyak sekali jenis penyimpanan barang yang bisa Anda gunakan. Anda dapat menambahkan rak buku khusus, memasang rak ambalan, hingga menambahkan boks-boks di area kerja untuk menyimpan perlengkapan kerja.

Baca Juga: Tips Mengatur Pencahayaan di Home Office, Bikin Fokus Kerja!

Tidak mempertimbangkan pencahayaan

Terakhir, Anda tak boleh melewatkan aspek pencahayaan di area kerja. Sebab, pencahayaan sangat berpengaruh pada performa kerja di rumah.

Misalnya, dengan pencahayaan yang terlalu terang, Anda akan merasa silau sehingga sulit bekerja dengan nyaman. Pencahayaan yang terlalu redup juga akan menghalangi kinerja Anda.

Oleh karena itu, maksimalkan pencahayaan di area home office dengan baik. Jika memungkinkan, tempatkan area kerja di dekat jendela sehingga mendapat banyak pencahayaan alami. Atau, cobalah beragam jenis lampu sampai Anda menemukan lampu seperti apa yang sesuai dengan selera.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menata area home office di rumah. Yuk, hindari kesalahan tersebut supaya home office Anda bisa menunjang pekerjaan dengan maksimal!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER