HOME, Keluarga

Ada Kamar Kosong di Rumah? Manfaatkan dengan Cara Ini, Yuk!

Ada Kamar Kosong di Rumah? Manfaatkan dengan Cara Ini, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Tidak semua orang beruntung memiliki rumah dengan kamar kosong yang tidak terpakai.

Jika Anda termasuk salah satu orang beruntung tersebut, mungkin Anda ingin memanfaatkan kamar kosong tersebut supaya tidak terlihat kosong dan hampa.

Masalahnya, bagaimana cara memanfaatkan kamar kosong di rumah? Adakah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengubah kamar kosong menjadi ruangan yang fungsional?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini. Berikut beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan kamar kosong di rumah.

Baca Juga: Sebabkan Gangguan Kesehatan, Ini Trik Mengatasi Bau Cat Dinding yang Menyengat

Perpustakaan

Jika Anda termasuk kutu buku, coba manfaatkan kamar kosong menjadi perpustakaan pribadi di rumah. Tempatkan beberapa rak buku, karpet, sofa empuk, dan lampu tambahan supaya Anda semakin nyaman membaca di dalam perpustakaan.

Ruang kerja

Mengutip Homes to Love Australia, Anda dapat memanfaatkan ruangan atau kamar kosong dengan mengubahnya menjadi ruang belajar atau ruang kerja. Di masa pandemi, keberadaan ruang kerja dapat membantu Anda lebih fokus saat belajar atau bekerja di rumah.

Home gym

Anda ingin berolahraga di rumah, tapi tidak menemukan area yang nyaman? Ubahlah kamar kosong di rumah menjadi home gym yang bisa digunakan bersama-sama seluruh penghuni rumah. Tambahkan beberapa peralatan olahraga sesuai kebutuhan Anda untuk melengkapi tampilan home gym.

Baca Juga: 7 Ide Memanfaatkan Sudut Kosong di Rumah, untuk Area Kerja Hingga Rak Buku

Kamar tamu

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan kamar kosong adalah menjadikannya kamar untuk tamu yang berkunjung. Supaya tidak terlalu kosong, tambahkan meja dan kursi supaya dapat berfungsi ganda sebagai ruang belajar atau bekerja saat kamar sedang tidak digunakan.

Home theater

Dikutip dari Crafts on Fire, Anda bisa mengubah kamar kosong menjadi home theater atau bioskop mini. Ide ini tentu akan sangat menarik bagi keluarga yang senang bersantai sambil menonton film. Supaya nyaman, tambahkan sofa empuk, karpet, dan televisi dengan layar datar berukuran besar di kamar tersebut.

Baca Juga: Ibadah Jadi Tenang, Ini 3 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Ramadan

Ruang kerajinan

Jika Anda atau anggota keluarga lain suka melukis atau membuat berbagai kerajinan, coba ubah kamar kosong menjadi semacam studio. Simpan semua perlengkapan kerajinan Anda di kamar ini, lalu tambahkan meja dan kursi supaya Anda dapat berkarya dengan nyaman.

Kamar ganti

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan kamar kosong sebagai kamar ganti atau dressing room. Melansir Decorated Life, ide ini akan menarik bagi Anda yang memiliki banyak pakaian, tapi tidak punya cukup ruang untuk menyimpan semuanya. Tempatkan lemari pakaian, gantungan, hingga rak sepatu dan cermin untuk mengakomodasi kebutuhan berpakaian sehari-hari.

Itulah beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan kamar kosong di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News