ads

Sebabkan Gangguan Kesehatan, Ini Trik Mengatasi Bau Cat Dinding yang Menyengat

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 31 Maret 2022 | 14:55 WIB
Sebabkan Gangguan Kesehatan, Ini Trik Mengatasi Bau Cat Dinding yang Menyengat

ILUSTRASI. Bau cat yang menyengat bisa diatasi dengan berbagai trik berikut ini.


MOMSMONEY.ID - Mengecat dinding merupakan salah satu bagian dari mendekorasi rumah yang cukup menyenangkan untuk dilakukan.

Namun, di balik semua kesenangan tersebut, mengecat dinding kadang terasa menyebalkan karena bau cat yang menyengat dan kerap membuat pusing. Bahkan, bau cat tersebut kadang masih menempel setelah lapisan cat dinding mengering.

Bau menyengat dari cat tersebut disebabkan oleh Volatile Organic Compounds atau VOC, yaitu salah satu zat yang terkandung dalam bahan cat dinding. Jika terhirup dalam jumlah banyak, VOC bisa membahayakan kesehatan Anda, lo.

Oleh karena itu, bau cat dinding yang menyengat sebaiknya diatasi dengan segera. Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui trik mudah dalam mengatasi bau cat dinding!

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi, Udara Jadi Segar!

Kipas angin dan jendela

Dikutip dari Country Living, membuka pintu dan jendela lebar-lebar saat mengecat dinding dapat membantu melancarkan sirkulasi udara sehingga bau menyengat akan mudah keluar. Namun, jika baunya dirasa masih menyengat, coba pasang kipas angin yang diarahkan ke jendela dan pintu.

Air dan lemon

Meletakkan ember yang diisi air di ruangan yang baru saja dicat ternyata dapat membantu menetralisir bau cat yang menyengat. Cukup biarkan ember tersebut semalaman supaya baunya terserap oleh air. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan irisan dan air lemon supaya udara terasa lebih segar.

Cuka

Cuka mengandung zat bernama asam asetat yang dapat menetralisir bau menyengat dari cat dinding. Cukup tuang cuka di mangkuk kecil dan letakkan di ruangan yang baru saja dicat, lalu biarkan selama beberapa jam atau semalaman.

Baca Juga: Mengenal Tanda-Tanda Kualitas Udara yang Buruk di Rumah, Yuk Waspada!

Soda kue

Sama seperti cuka, soda kue atau baking soda juga mampu menyerap dan menetralisir bau cat dinding yang menyengat. Tuang soda kue di beberapa mangkuk kecil, lalu letakkan di ruangan yang baru saja dicat dan biarkan selama beberapa jam.

Arang

Melansir The Spruce, arang adalah bahan yang ampuh mengurangi bau cat dinding. Anda bisa menggunakan arang briket atau activated charcoal, lalu tempatkan di mangkuk atau nampan dan biarkan semalaman di ruangan yang baru dicat.

Baca Juga: Interior Terlihat Elegan, Simak 6 Ide Menggunakan Motif Floral di Rumah

Bawang bombai

Walaupun terdengar kurang masuk akal, bau bawang bombai yang cukup menyengat ternyata ampuh menetralisir bau cat dinding, lo. Mengutip House Digest, potong dua butir bawang bombai menjadi dua bagian, lalu tempatkan di mangkuk dengan sisi yang terpotong menghadap ke atas. Biarkan selama beberapa jam di ruangan yang baru dicat, lalu segera buang setelah selesai digunakan.

Bubuk kopi

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menyerap dan mengurangi bau cat dinding. Sama seperti bahan-bahan lainnya, tuang bubuk kopi di mangkuk, biarkan semalaman, dan segera buang setelah selesai digunakan.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau cat dinding yang menyengat. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER