Santai

Ingin Hemat? Ini lo 10 Negara dengan Biaya Hidup Terendah

Ingin Hemat? Ini lo 10 Negara dengan Biaya Hidup Terendah

MOMSMONEY.ID - Hidup dengan biaya hidup rendah adalah impian semua orang, apalagi Anda sudah punya cukup tabungan untuk masa pensiun. Berikut ini 10 negara dengan biaya hidup terendah.

Melansir Forbes, daftar 10 negara dengan biaya hidup terendah ini tak hanya untuk Anda yang sudah pensiun. Di era bisa bekerja dari manapun, 10 negara ini menawarkan gaya hidup yang menarik bagi Anda yang lelah dengan tuntutan kerja tinggi. 

Daftar 10 negara dengan biaya hidup terendah ini dirilis oleh International Living’s Annual Global Retirement Index. Indeks ini memberi informasi mengenai tempat secara spesifik yang paling tepat untuk para pensiunan. 

Baca Juga: Tiket Konser Westlife Mulai Rp 750.000, Beli Pakai Danamon Diskon Rp 100.000

Daftar 10 negara dengan biaya hidup terendah

1. Portugal

Portugal adalah negara teratas dengan biaya hidup terendah tahun ini, terutama karena mata uang mereka terdampak dari penguatan dollar Amerika Serikat. Selain itu, visa tinggal di Portugal juga relatif mudah didapatkan untuk jangka waktu yang panjang. 

Jika berminat tinggal di Portugal, Anda bisa menetap di daerah Lagos, Vilanoura, dan Tavira. Biaya hidup di daerah ini termasuk biaya sewa hanya US$ 2.800 per bulan per pasangan atau setara Rp 42 juta atau US$ 2.000 per orang atau setara Rp 30 juta. 

2. Meksiko

Meksiko jadi negara dengan biaya hidup terendah kedua di tahun 2023. Anda direkomendasikan tinggal di daerah Chapala, Playa del Carmen, dan Queretaro.

Jika akan tinggal dengan pasangan Anda di sini, hampir di seluruh daerah di Meksiko hanya membutuhan biaya setara Rp 30 juta per bulan. Sementara jika akan tinggal sendiri, biaya hidup mulai dari US$ 1.500 hingga US$ 1.900 atau setara Rp 22,5 juta per bulan hingga Rp 28,5 juta. 

3. Panama

Negara ketiga dengan biaya hidup terendah adalah Panama. Selain itu, pembuatan visa untuk tinggal jangka panjang di negara ini juga sangat mudah. Anda bisa tinggal di Panama City, Coronado, dan Boquete. 

Biaya hidup yang Anda butuhkan di Panama sebesar US$ 2.900 per bulan untuk pasangan atau setara Rp 43,5 juta. Sementara untuk tinggal sendiri, Anda bisa hidup dengan dana US$ 1.400 atau setara Rp 21 juta per bulan. 

Baca Juga: Dari Nam Joo Hyuk hingga Song Kang, 6 Aktor Populer Korea Ini Berangkat Wamil 2023

4. Ekuador

Negara dengan biaya hidup rendah namun cukup modern selanjutnya adalah Ekuador. Negara ini menawarkan kehidupan yang modern termasuk kecepatan koneksi internet, masih menggunakan dolar Amerika Serikat, transportasi umum yang baik dan biaya kesehatan yang terjangkau. 

Jika Anda ingin tinggal di Ekuador, Anda bisa memilih wilayah Salinas, Cotachi, Cuenca, dan Vilcabamba. Biaya hidup di beberapa wilayah ini mulai dari US$ 1.500 atau Rp 22,5 juta.

5. Kosta Rika

Negara dengan biaya hidup rendah yang satu ini memiliki biaya kesehatan yang murah. Negara ini juga punya situasi politik yang stabil. 

Jika Anda ingin di Kosta Rika, bisa memilih tinggal di daerah Guanacaste, Karibea, dan Central Valley. Anda bisa tinggal di beberapa wilayah ini hanya dengan biaya mulai dari US$ 2.500 atau setara Rp 37,5 juta.

6. Spanyol

Punya cuaca yang hangat sepanjang tahun, orang-orang yang terbuka dan biaya hidup rendah adalah kelebihan dari Spanyol. Biaya hidup yang dibutuhkan jika Anda tinggal di wilayah kecil hanya perlu US$ 1.900 per bulan atau setara Rp 28,5 juta. 

Baca Juga: Hati-Hati Berinvestasi pada Rumah Mewah, Kenapa?

7. Yunani

Negara dengan kekayaan sejarah dan kuliner ini kini masuk dalam negara dengan biaya hidup rendah. Selain itu, kini visa jangka panjang di Yunani juga mudah Anda dapatkan.

Adapun biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di sini mulai dari US$ 1.600 per bulan atau setara Rp 24 juta. Namun, perlu diketahui, biaya untuk memperpanjang visa tinggal setara Rp 32,7 juta. 

8. Prancis

Ternyata Prancis, negara yang dikenal sebagai ikon fesyen ini punya biaya hidup yang rendah. Terutama, jika Anda memilih tinggal di Normandi, Brittani, Lorraine, dan Alsace.

Bagi yang ingin tinggal di Prancis dengan pasangan Anda, biaya hidup yang dibutuhkan mulai dari US$ 2.083 per bulan atau setara Rp 31,24 juta. 

9. Italia

Negara dengan biaya hidup terendah selanjutnya adalah Italia. Adapun biaya hidup yang Anda butuhkan, termasuk biaya sewa untuk pasangan mulai dari US$ 1.829 atau setara Rp 27,43 juta.

Baca Juga: E-Wallet Tidak Cocok untuk Menyimpan Dana Darurat, Lalu Simpan di Mana?

 10. Thailand

Negara dengan biaya hidup terendah terakhir adalah Thailand. Negara ini berada diperingkat yang sama dengan Italia.

Thailand adalah negara yang cukup dekat dengan Indonesia. Biaya hidup yang Anda butuhkan sebagai pasangan hanya sebesar US$ 1.596 per bulan atau setara Rp 23,94 juta. 

Demikian informasi mengenai 10 daftar negara dengan biaya hidup terendah. Kira-kira, saat pensiun nanti apakah Anda punya rencana untuk pindah ke negara-negara tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News