AturUang

E-Wallet Tidak Cocok untuk Menyimpan Dana Darurat, Lalu Simpan di Mana?

E-Wallet Tidak Cocok untuk Menyimpan Dana Darurat, Lalu Simpan di Mana?

MOMSMONEY.ID - E-wallet atau dompet digital memang menjadi cara praktis untuk transaksi, invetasi, bahkan menabung. Namun, ada baiknya Anda tidak menyimpan dana darurat di e-wallet, ya. 

Menurut Ully Safitri, perencana keuangan OneShildt, ada beberapa risiko yang membuat produk ini tidak tepat Anda manfaatkan sebagai tujuan dana darurat.

Pertama, e-wallet tidak dikelola oleh bank. "Sehingga, dana tersimpan di situ tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," kata Ully kepada Momsmoney.

Kedua, jumlah simpanan di e-wallet tidak terintegrasi ke sistem perbankan. Dengan begitu, tidak dapat meningkatkan nilai kredit (credit score) pemilik rekening.

Artinya, simpanan dana di e-wallet tidak menjadi pertimbangan perbankan dalam memberikan pinjaman kredit. Baik itu sebagai aset maupun kemampuan bayar karena sifat dana di e-wallet yang transaksional.

Baca Juga: Investasi Lewat Dompet Digital, Minim Kelemahan tapi Juga Minim Pelayanan

Ketiga, risiko e-wallet tidak dapat diakses ketika lupa password atau PIN. Bahkan, parahnya lagi, e-wallet mudah dibajak.

Oleh sebab itu, Ully berpesan, untuk menyimpan dana di e-wallet tidak terlalu besar. "Rata-rata simpan sesuai transaksi saja, jadi tidak besar," ujarnya.

Sementara jika menabung di rekening bank, ketika terjadi peristiwa tak diinginkan, misalnya, lupa password atau PIN, nasabah bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat untuk mengurusnya.

Selain itu, ketika dibajak, juga lebih mudah ditelusuri dan dimintai pertanggungjawaban.

Senada, Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, bilang, menyimpan uang di bank lebih aman. Hal ini sesuai dengan tujuan menabung, yakni menyimpan dana agar aman dari risiko apa pun. 

Karena itu, dia menyarankan, simpanan dana di e-wallet sekadarnya saja. Alokasikan saja dana secukupnya yang bisa dipakai buat membiayai kebutuhan sehari-hari.

Jadi, mulai sekarang Anda harus bisa memilah, mana buat tabungan dan transaksi harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News