AturUang

Hati-Hati Berinvestasi pada Rumah Mewah, Kenapa?

Hati-Hati Berinvestasi pada Rumah Mewah, Kenapa?

MOMSMONEY.ID - Anda punya dana lebih dan ingin investasi di bidang properti? Sebaiknya, jangan buru-buru membeli properti kelas premium seperti rumah mewah untuk investasi.

Ingat saja, properti bukan aset yang mudah diperjualbelikan saat Anda butuh uang.

Menurut Melvin Mumpuni, perencana keuangan Finansialku, pertimbangan membeli rumah mewah untuk investasi bergantung pada keinginan: mau cepat untung atau tidak.

Anda juga harus melihat pasarnya siapa dan pendanaannya bagaimana. Jika memang semua cocok untuk beli rumah mewah, Melvin bilang, tidak ada salahnya.

Baca Juga: Siap-siap, Ini Biaya Yang Perlu Anda Keluarkan Saat Beli Rumah

Akan tetapi, kalau menurut Anda, ternyata properti yang bisa disewakan seperti kos lebih menguntungkan, ya, sebaiknya memilih jenis tersebut.

"Misalnya, punya rumah mewah, terus rumah itu dijadikan tempat kos, ya, bisa juga. Atau, direnovasi menjadi tempat usaha, misalnya, untuk gerai berwaralaba, salon, atau yang lain," kata Melvin kepada Momsmoney.

Lusiana Darmawan, perencana keuangan OneShildt, mengatakan, jika ingin menjadikan rumah mewah sebagai wahana investasi, maka Anda harus melakukan riset yang matang.

"Tren kenaikan harga tanah, potensi disewakannya akan seperti apa. Dan, apakah ada kebutuhan di sekitar properti seperti dekat kampus ataupun kantor," terang dia.

Lusi bilang, investasi rumah mewah sah-sah saja untuk dijalankan. Memang, lebih cocok untuk investasi jangka panjang. Namun kembali lagi, dengan pilihan yang tepat dan riset yang matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News