HOME, Keluarga

Ide Penggunaan Lantai Keramik untuk Beragam Gaya Interior Ruangan

Ide Penggunaan Lantai Keramik untuk Beragam Gaya Interior Ruangan

MOMSMONEY.ID - Lantai keramik merupakan pilihan lantai yang populer di Indonesia karena terjangkau dan mudah didapatkan. Selain itu, variasi motif dan warnanya pun sangat beragam sehingga dapat dipadukan dengan gaya interior rumah apapun.

Namun, karena pilihannya yang beragam tersebut, seringkali pemilik rumah memilih untuk bermain aman dengan menggunakan keramik dengan warna dan motif polos. Padahal, dengan sedikit kreativitas, keramik yang kelihatannya biasa-biasa saja bisa terlihat unik dan memberi kesan interior yang berbeda.

Berikut ini ada beberapa contoh desain lantai keramik untuk gaya interior rumah yang berbeda-beda. Jadi, Anda bisa melihat bagaimana penyusunan keramik yang berbeda bisa menghasilkan kesan yang berbeda pada setiap interior rumah.

Baca Juga: Inspirasi Desain Tangga Melayang atau Floating Stairs yang Minimalis

Pink kecoklatan yang manis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Architonic (@architonicag)

Keramik polos memang merupakan pilihan yang aman untuk interior rumah karena tidak akan membuat ruangan terlihat ramai. Namun, bukan berarti harus terlihat membosankan.

Anda bisa mencoba mengombinasikan keramik polos dengan warna-warna yang tidak biasa. Misalnya pada gambar interior rumah di atas yang menggunakan keramik polos dengan perpaduan warna coklat muda dan pink yang lembut.

Untuk melengkapi penampilan lantai keramik, Anda bisa menggunakan warna coklat muda yang senada pada dinding. Jangan lupa untuk menambahkan furnitur minimalis dengan warna senada untuk menonjolkan kesan minimalis pada ruangan.

Bagaikan lantai batu

Salah satu kelebihan lantai keramik adalah pola pada permukaannya yang dapat meniru pola lantai batu seperti granit atau marmer.

 Jadi, jika Anda menginginkan penampilan lantai batu yang elegan namun memiliki keterbatasan biaya, lantai keramik dapat memberi efek yang sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Contoh penggunaan lantai keramik dengan permukaan yang mirip lantai batu bisa Anda lihat pada gambar dapur di atas. Warna abu-abu pada lantai dipadukan dengan warna-warna netral lainnya seperti putih dan coklat sehingga terlihat serasi. Pilihlah warna netral dengan kesan yang kalem sehingga penampilan ruangan terlihat sejuk.

Baca Juga: Inspirasi Desain Tempat Tidur Minimalis, Cocok Untuk Beragam Gaya Interior Rumah

Aksen untuk kesan klasik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Eugeni Bach (@eugenibach)

Karena sangat versatile dan fleksibel, lantai keramik bisa disusun sedemikian rupa sehingga dapat memberikan beragam kesan di dalam ruangan, mulai dari minimalis hingga klasik.

Salah satu cara mudah untuk memberikan kesan klasik dengan lantai keramik adalah dengan menggunakan inlay atau aksen pada titik-titik tertentu di lantai. Contohnya seperti lantai keramik berwarna cream di atas yang dipercantik dengan inlay berwarna hijau yang kontras pada sudut-sudut keramik, sehingga menciptakan kesan vintage dan klasik pada ruangan.

Untuk melengkapi penampilan ruangan, padukan dengan material dan furnitur yang senada dan dapat mendukung kesan klasik tersebut, misalnya dengan menggunakan kusen jendela dan pintu dari kayu. Jangan lupakan pencahayaan yang optimal supaya ruangan terasa cerah.

Pola setengah lingkaran

Selain memberi kesan klasik, Anda bisa memunculkan kesan modern yang artistik lewat lantai keramik yang disusun dengan cara tertentu.

Ruang makan di atas menggunakan lantai keramik yang disusun dengan motif setengah lingkaran yang menyerupai sisik ikan. Perpaduan warna hitam dan putih yang netral namun kontras pun menciptakan penampilan ruangan yang unik dan berbeda.

Jika Anda ingin menyusun keramik dengan pola seperti di atas tapi tidak ingin ruangan terlihat ramai, coba gunakan perpaduan warna yang senada sehingga penampilan interior terlihat lebih lembut.

Bagaimana, lantai keramik tidak harus membosankan, kan? Adakah desain lantai keramik yang ingin Anda tiru di rumah?

Selanjutnya: 5 Tips Dekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan dan Sustainable, Tidak Sulit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News