HOME, Keluarga

Inspirasi Desain Tangga Melayang atau Floating Stairs yang Minimalis

Inspirasi Desain Tangga Melayang atau Floating Stairs yang Minimalis

MOMSMONEY.ID - ITangga melayang alias floating stairs merupakan salah satu pilihan model tangga yang populer digunakan di rumah minimalis. Tidak heran, karena tangga melayang memiliki desain yang sederhana namun tetap elegan sehingga cocok untuk rumah minimalis.

Disebut juga sebagai cantilever stairs, tangga melayang biasanya terdiri dari balok-balok yang disusun layaknya tangga dan diberi penahan di bagian bawah dan sisi-sisinya untuk memberi efek melayang. Materialnya pun dapat disesuaikan dengan tema dan selera pemilik rumah.

Nah, jika Anda sedang mencari inspirasi desain tangga melayang, berikut ini ada beberapa contohnya. Yuk, tengok di bawah ini!

Baca Juga: Gunakan 4 Trik Ini Untuk Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan, Mudah dan Praktis

Hangat dan simpel

Salah satu cara termudah untuk menghadirkan kesan hangat pada interior rumah adalah dengan menggunakan material kayu. Anda pun bisa menggunakan material yang satu ini pada tangga melayang untuk kesan minimalis yang hangat.

Interior rumah di atas menggunakan susunan tangga melayang dari kayu yang diberi penyangga di setengah bagiannya. Supaya mudah dinaiki, ada susuran simpel yang menempel pada dinding dan pagar pengaman yang terbuat dari kaca.

Pembatas tangga yang minimalis

Tangga melayang umumnya dipasangkan dengan susuran dan pengaman yang terbuat dari kaca untuk menonjolkan kesan minimalis. Namun, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kesan yang sama.

Contohnya seperti interior rumah di atas yang menggunakan pembatas berupa deretan besi minimalis yang dipasang berjejer sepanjang tangga. Selain menjadi pengaman, keberadaannya dapat menjadi semacam partisi yang memisahkan lantai bawah dan tangga.

Baca Juga: Netral dan Hangat, Berikut Inspirasi Kamar Tidur Warna Cream

Bantuan penerangan

Karena terdiri dari balok-balok yang disusun secara terpisah, Anda dapat menambahkan penerangan seperti lampu LED di bawah anak tangga pada tangga melayang. Anda  bisa menggunakan cara ini pada tangga di dalam maupun luar rumah.

 Pada gambar di atas, pemilik rumah menggunakan lampu berwarna kuning yang mencolok untuk membantu menerangi tangga yang menuju teras rumah. Tak hanya sebagai elemen dekoratif, tambahan lampu pada tangga pun dapat membantu Anda saat naik-turun tangga, terutama saat minim pencahayaan seperti pada malam hari.

Dua jenis tangga

Jika memungkinkan, Anda dapat menggabungkan dua jenis tangga yang berbeda untuk menciptakan kesan menarik. Namun, pastikan desain yang digunakan tetap simpel supaya terlihat serasi dan minimalis.

Interior rumah di atas menggunakan dua jenis tangga, yaitu tangga biasa pada setengah bagian bawahnya dan tangga melayang pada setengah bagian di atas. Karena menggunakan material yang serasi dengan bagian rumah yang lain, penampilan tangga pun tetap terlihat cantik walaupun menggunakan dua jenis tangga yang berbeda.

Selanjutnya: Catat, Ini Tips Mendesain Rumah yang Ramah Lingkungan dan Sustainable

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News