5 Tips Dekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan dan Sustainable, Tidak Sulit!

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 17 September 2021 | 17:23 WIB
5 Tips Dekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan dan Sustainable, Tidak Sulit!

ILUSTRASI. Berikut cara mudah mendekorasi rumah yang ramah lingkungan.

MOMSMONEY.ID - Gaya hidup yang ramah lingkungan dan sustainable alias berkelanjutan sudah menjadi salah satu tren positif yang menjamur di masyarakat.

Jika mendengar gaya hidup ramah lingkungan, mungkin Anda membayangkan kegiatan membuat kompos atau mendaur ulang barang. Padahal, gaya hidup ini bisa diaplikasikan pada hampir semua aspek kehidupan, misalnya mendekorasi rumah.

Penasaran bagaimana caranya mendekorasi rumah dengan cara yang ramah lingkungan dan sustainable? Dilansir dari ecobnb.com dan inhabitat.com, berikut tips mendekorasi rumah yang ramah lingkungan yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Tempat Tidur Kayu, Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Gunakan furnitur atau dekorasi bekas

Untuk mendukung gaya hidup yang sustainable atau berkelanjutan, Anda bisa menggunakan furnitur atau dekorasi secondhand alias bekas untuk memperpanjang masa pakai barang tersebut. Jadi, jangan malu-malu untuk memburu dekorasi bekas, asalkan kualitasnya masih bagus sehingga Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Pilih material yang eco-friendly

Jika Anda ingin membeli furnitur atau dekorasi yang baru, sebisa mungkin pilih barang dengan material yang eco-friendly, mulai dari proses produksinya yang sustainable hingga bahannya yang ramah lingkungan dan toxic-free. Tak hanya ramah lingkungan, kesehatan Anda dan penghuni rumah pun juga terjaga.

Gunakan tanaman hias

Salah satu cara termudah untuk mendekorasi rumah dengan cara yang ramah lingkungan adalah dengan menggunakan tanaman hias.Tak hanya membantu meningkatkan kualitas udara dan menyegarkan ruangan, warna hijau dari tanaman hias juga dapat memberi tambahan warna yang apik di dalam ruangan. Pilihlah tanaman hias kesukaan Anda yang simpel dan mudah dirawat.

Baca Juga: Tips Memilih Rak Buku yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

Gunakan gaya interior yang timeless

Karena tren dekorasi rumah selalu berganti, pilihlah tema atau gaya interior rumah yang simpel dan timeless alias tidak pernah ketinggalan zaman. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengganti dekorasi atau furnitur rumah setiap beberapa tahun hanya karena merasa interior rumah Anda terlihat kuno dan tidak trendy lagi.

Beli barang-barang lokal

Gaya hidup sustainable akrab dengan istilah jejak karbon atau carbon footprint, yaitu jumlah gas seperti karbon dioksida dan metana yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah jejak karbon yang muncul dari pengiriman paket dan barang-barang lainnya. Semakin jauh jarak pengiriman, maka semakin banyak jejak karbon yang dihasilkan.

Nah, untuk mengurangi jejak karbon ini, Anda bisa membeli dekorasi rumah dari toko lokal di sekitar Anda. Jadi, selain dapat mendukung perekonomian lokal, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar ongkos kirim dan tidak perlu khawatir dengan jejak karbon yang akan dihasilkan.

Selanjutnya: Selain Menghangatkan Makanan, Ini 5 Fungsi Microwave yang Perlu Diketahui

Editor: Kania Paramahita
Terbaru