HOME, Keluarga

Hati-Hati, Kesalahan Menyetrika Ini Bisa Bikin Pakaian Sulit Halus!

Hati-Hati, Kesalahan Menyetrika Ini Bisa Bikin Pakaian Sulit Halus!

MOMSMONEY.ID - Menyetrika adalah langkah yang wajib dilakukan setelah mencuci dan menjemur pakaian supaya kembali halus dan siap dikenakan dengan nyaman.

Sama seperti mencuci baju, menyetrika baju kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa kesalahan sederhana yang bisa terjadi saat Anda menyetrika baju, sehingga baju tidak mulus secara maksimal.

Tak hanya itu, setrika bisa rusak bila Anda tidak menggunakannya dengan benar.

Nah, kira-kira apa saja kesalahan yang harus dihindari saat menyetrika baju? Dirangkum dari The Spruce dan Good Housekeeping, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi di Rumah

Menyetrika baju yang terlalu kering

Baju yang disetrika saat masih kering bisa membuat proses menyetrika lebih sulit, karena lipatan kusut pada baju sulit halus.

Solusinya, basahi baju secara merata dengan cairan pelicin, diamkan sebentar, kemudian setrika seperti biasa. Baju akan langsung terlihat halus dengan segera.

Tidak membersihkan setrika

Saat membersihkan peralatan rumah tangga, mungkin tidak pernah terpikir untuk membersihkan setrika. Padahal, permukaan setrika yang penuh dengan residu baju dan cairan pelicin bisa menjadi lengket dan menghambat proses menyetrika.

Jadi, perlu membersihkan pelat setrika secara rutin untuk menghindari residu yang menumpuk. Anda bisa membersihkan pelat setrika dengan menggunakan cara ini.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-Benda Ini!

Tidak menggunakan alas setrika yang tepat

Alas setrika berfungsi untuk membantu Anda menyetrika baju dengan mudah. Pilihlah alas setrika dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga kegiatan menyetrika bisa lebih cepat dan mudah.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa alas setrika secara rutin untuk memastikan alas setrika masih dalam kondisi baik. Segera ganti alas setrika jika ada lubang atau permukaan yang tidak rata.

Baca Juga: Bukannya Rapi, 5 Kesalahan Decluttering Ini Bikin Rumah Makin Berantakan

Menyetrika baju tebal terlebih dahulu

Saat menyetrika baju, terkadang kita mengabaikan jenis kainnya dan menyetrika dengan urutan yang asal-asalan, misalnya menyetrika baju tebal terlebih dahulu. Padahal, kebiasaan ini sebenarnya tidak dianjurkan.

Ketika menyetrika, sebaiknya memulai dengan baju berbahan tipis dan lembut terlebih dahulu. Sebab, tingkat panas pada setrika masih rendah sehingga risiko baju terbakar lebih minim. Setelah baju tipis selesai disetrika, Anda bisa melanjutkan menyetrika baju yang lebih tebal.

Mendiamkan air di setrika uap

Setrika uap menggunakan air yang disimpan dalam tangki khusus untuk memproduksi uap yang membantu proses menyetrika. Tangki air ini terkadang dibiarkan terisi air begitu saja setelah proses menyetrika selesai.

Hal ini sebenarnya bisa membuat air merembes ke bagian dalam setrika dan merusak komponen-komponennya. Jadi, lebih baik Anda mengosongkan tangki air di setrika uap setelah selesai menyetrika.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat menyetrika baju. Apakah Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan di atas? Jika ya, yuk hindari mulai saat ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News