HOME, Keluarga

Awas, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-Benda Ini!

Awas, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-Benda Ini!

MOMSMONEY.ID - Produk-produk kebersihan buatan rumah yang terbuat dari bahan-bahan dapur kerap digunakan sebagai alternatif produk kebersihan komersial. Ini lantaran mudah dibuat dan dianggap lebih ramah lingkungan.

Dari beragam bahan yang sering dimanfaatkan sebagai produk kebersihan buatan rumah tersebut, cuka termasuk yang paling populer. Bahan dapur ini bersifat asam, sehingga dianggap ampuh membersihkan berbagai jenis kotoran dan menetralkan bau tidak sedap di rumah.

Namun, bukan berarti cuka bisa digunakan di segala tempat. Sebab, ada beberapa benda yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan cuka karena bisa merusak benda tersebut.

Apa saja benda yang dimaksud? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Ini Benda-Benda yang Mudah Kotor di Ruang Keluarga, Yuk Rajin Bersihkan!

Lantai kayu

Dikutip dari The Spruce, menggunakan cuka pada permukaan lantai kayu (hardwood floors) justru dapat mengikis bahan pelapis dan merusak tampilan lantai kayu tersebut. Sebaiknya, gunakan cairan pembersih khusus lantai kayu dan hindari menggunakan terlalu banyak air supaya kondisi lantai kayu tetap terjaga.

Permukaan granit dan marmer

Sama seperti lantai kayu, membersihkan lantai, dinding, dan meja dapur berbahan granit dan marmer dengan cuka dapat mengikis dan merusak permukaannya. Untuk membersihkan permukaan berbahan batu alami seperti granit dan marmer, cukup gunakan air dan kain lembut.

Layar elektronik

Melansir Consumer Reports, cuka sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan layar elektronik seperti komputer, ponsel, tablet, atau TV. Sebab, keasaman cuka dapat merusak lapisan anti-glare pada layar dan membuat layar sentuh kurang responsif. Cukup gunakan air dan kain lembut untuk membersihkan layar-layar elektronik tersebut.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi di Rumah

Mesin cuci

Walaupun cuka kerap digunakan sebagai tambahan untuk deterjen, sebaiknya jangan gunakan cuka terlalu sering pada mesin cuci. Sebab, cuka dapat merusak komponen-komponen kecil seperti bantalan karet dan selang di mesin cuci sehingga mudah bocor dan mengurangi masa pakai mesin cuci tersebut.

Cermin

Sama seperti mesin cuci, penggunaan cuka sebagai pembersih cermin juga tidak disarankan karena dapat merembes ke dalam cermin dan menyebabkan karat yang merusak tampilan cermin. Gunakan cairan pembersih khusus cermin atau cukup gunakan air untuk membersihkan permukaan cermin di rumah Anda.

Baca Juga: Bukannya Rapi, 5 Kesalahan Decluttering Ini Bikin Rumah Makin Berantakan

Setrika uap

Tangki air setrika uap memang mudah berkerak jika tidak rutin dibersihkan. Namun, jangan gunakan cuka untuk membersihkan kerak air tersebut karena dapat merusak lapisan dan komponen di dalam setrika uap tersebut. Periksa manual setrika Anda untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan setrika uap yang tepat.

Kotoran hewan peliharaan

Cuka dikenal sebagai bahan yang dapat menghilangkan bau tidak sedap. Namun, dikutip dari Real Simple, cuka ternyata tidak cukup ampuh untuk menghilangkan bau air seni dan kotoran hewan peliharaan karena penciuman mereka mampu mendeteksi bau yang ditutupi oleh cuka tersebut. Sebaiknya, gunakan pembersih khusus untuk membersihkan sisa-sisa kotoran hewan peliharaan.

Itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan cuka. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News